Gunung Merapi Erupsi 3 Kali, Sleman Diguyur Hujan Abu Tipis

Editor: Redaksi

Gunung Merapi terlihat dari Pos Pantau Babadan Yogyakarta.
Gunung Merapi terlihat dari Pos Pantau Babadan Yogyakarta.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

YOGYAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah mengalami erupsi sebanyak tiga kali, Jumat (25/6) pagi. Jarak luncur awan panas guguran terpantau mencapai 3 kilometer.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida menyebut, erupsi hari ini terpantau sejak pukul 04.43 WIB.

“Terjadi tiga kali awan panas guguran di Merapi tanggal 25 Juni 2021 pukul 04.43 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 61, 132, dan 245 detik,” kata Hanik dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Tercatat 75 Dokter di Surabaya Terpapar Covid-19, 2 Meninggal Dunia

Dikatakan Hanik, erupsi kali ini mengarah tenggara dengan jarak luncur awan panas guguran yang mencapai 3 kilometer dari puncak.

“Jarak luncur maksimal tiga kilometer ke arah tenggara. Teramati kolom asap setinggi ±1000 meter di atas puncak,” lanjut Hanik.

BPPTKG, pada periode pengamatan aktivitas Merapi hari ini pukul 00.00-06.00 WIB juga mendapati adanya aktivitas guguran lava pijar sebanyak 11 kali.

Baca juga: Aksi Tolak Olimpiade Tokyo 2020 Kian Gencar di Jepang

“Teramati 5 kali guguran lava pijar ke arah barat daya dan 6 kali ke arah tenggara. Dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter,” paparnya.

Pada periode pengamatan yang sama, tercatat 81 kali gempa guguran; 10 kali gempa hembusan; 9 kali gempa fase banyak; dan 2 kali gempa vulkanik dangkal.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.