Tuesday, April 16, 2024
HomeBatamKerjasama Dengan US Cost Guard, Batam Akan Miliki Pusat Pelatihan Maritim Senilai...

Kerjasama Dengan US Cost Guard, Batam Akan Miliki Pusat Pelatihan Maritim Senilai 3,5 Juta US Dollar

Editor : Sudianto Pane

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, dan US Cost Guard menyepakati rencana pembangunan pusat pelatihan maritim di Batam, Kepulauan Riau dimana fasilitas pelatihan ini sendiri akan dibangun dengan menggunakan dana sebesar $ 3,5 Juta Dollar.

Kesepakatan ini kemudian dilanjutkan dengan prosesi peletakan batu sebagai simbolis pembangunan fasilitas pelatihan yang dilaksanakan di Pangkalan Armada Bakamla, Jembatan II Barelang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (25/6/2021).

Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono menuturkan pusat pelatihan ini juga merupakan upaya kolaborasi antara Bakamla RI, US Coast Guard, Kantor Urusan Narkotika dan Penegakan Hukum Internasional (INL) Kedutaan Besar AS, Satuan Tugas Antar Badan Gabungan Barat (Joint Interagency Task Force West), Komando Indo-Pasifik AS, dan Komando Fasilitas Teknik Angkatan Laut AS.

.Baca : Bakamla Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Perbatasan Indonesia-Malaysia

.Baca : Dua Nelayan Indonesia Masuk ke Perairan Malaysia Dijemput Bakamla RI

“Pusat pelatihan ini akan menjadi sarana penting bagi Bakamla untuk meningkatkan kompetensi personel Bakamla RI dalam menjawab tantangan tugas menjamin keamanan dan keselamatan di laut,” terangnya.

Dalam proses pembangunan nya, pusat pelatihan yang dibangun ini akan mencakup ruang kelas, ruang kantor, barak, dapur makan, dan landasan peluncuran kapal. Tempat ini akan menampung hingga 50 siswa dan 12 instruktur.

Sementara itu, Duta Besar AS, Sung Kim dalam sambutan nya menuturkan bahwa pembangunan pusat pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kedua negara dalam menjaga komitmen dan kerjasama, terutama dalam pengawasan wilayah perairan di Indonesia.

prosesi peletakan batu sebagai simbolis pembangunan fasilitas pelatihan yang dilaksanakan di Pangkalan Armada Bakamla, Jembatan II Barelang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (25/6/2021).
prosesi peletakan batu sebagai simbolis pembangunan fasilitas pelatihan yang dilaksanakan di Pangkalan Armada Bakamla, Jembatan II Barelang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (25/6/2021).

“Sebagai sahabat dan mitra Indonesia, Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk mendukung peran utama Indonesia dalam memajukan perdamaian dan keamanan regional dengan melawan kejahatan domestik dan transnasional,” kata Dubes Kim.

Dubes juga mencatat inisiatif ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan AS dalam bermitra dengan Indonesia dalam memerangi kejahatan transnasional yang mencakup penyediaan peralatan, dukungan, pelatihan dan bantuan teknis kepada Bakamla RI sejak peresmiannya pada tahun 2014.(*)

Penulis : Fernando

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER