Mengandung 380 Triliun Virus, Manusia Adalah Virus Raksasa, Ini Penjelasannya

Virus dapat membantu sekaligus membahayakan kita. Para ahli sedang mencari cara untuk mengeksploitasi 380 triliun virus yang membentuk virus manusia!

Tubuh manusia dipenuhi setidaknya 380 triliun virus. (Kredit: Harry Campbell/scientificamerican)
Tubuh manusia dipenuhi setidaknya 380 triliun virus. (Kredit: Harry Campbell/scientificamerican)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Sejak pandemi awal 2020 lalu, jutaan orang di seluruh dunia telah secara radikal mengubah cara hidup mereka untuk menghindari kontak dengan orang lain agar terhindar dari infeksi virus corona baru (SARS-CoV-2).

Meskipun ada jarak sosial, banyak yang masih sakit sebagian karena infeksi virus lainnya. Itu karena, saat para ilmuwan semakin belajar, diam-diam banyak virus bersembunyi di dalam tubuh manusia, tersembunyi dalam sel-sel di paru-paru, darah, dan saraf dan berdiam di dalam banyak sekali mikroba yang menjajah usus kita.

Ahli biologi memperkirakan bahwa 380 triliun virus hidup di dalam tubuh Anda saat ini—10 kali jumlah bakteri.

Beberapa dapat menyebabkan penyakit, tetapi banyak yang hanya hidup berdampingan dengan Anda.

Pada akhir 2019, misalnya, para peneliti di University of Pennsylvania menemukan 19 jenis redondovirus yang berbeda di saluran pernapasan; segelintir dikaitkan dengan penyakit periodontal atau penyakit paru-paru, tetapi yang lain mungkin bisa melawan penyakit pernapasan.

BACA JUGA:

Pengetahuan para ilmuwan yang berkembang pesat memperjelas bahwa kita tidak terdiri terutama dari sel-sel “manusia” yang kadang-kadang diserang oleh mikroba; tubuh kita benar-benar merupakan superorganisme dari sel-sel yang hidup bersama, bakteri, jamur, dan yang paling banyak jumlahnya adalah VIRUS!

Hitungan terakhir menunjukkan bahwa setengah dari semua materi biologis dalam tubuh Anda bukanlah manusia.

Satu dekade yang lalu para peneliti hampir tidak menyadari bahwa virom manusia ada.

Hari ini kita melihat virome yang luas sebagai bagian integral dari mikrobioma manusia yang lebih besar, selimut gila organisme mikroskopis pasif dan aktif yang menempati hampir setiap sudut keberadaan kita.

Kita telah memetakan virome selama 10 tahun, dan semakin dalam kita menyelidiki, semakin virome terlihat seperti kemitraan yang dapat memengaruhi kehidupan kita sehari-hari secara positif maupun negatif.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kita bahkan dapat memanfaatkan virome untuk meningkatkan kesehatan kita sendiri.

Peneliti di Universitas Rockefeller, misalnya, telah memurnikan enzim dari virus yang membunuh bakteri yang ditemukan pada pasien yang berjuang melawan infeksi stafilokokus yang resistan terhadap methicillin.

Hasilnya sangat menggembirakan sehingga Food and Drug Administration (FDA) telah menetapkan enzim sebagai “terapi terobosan”, dan sekarang dalam uji klinis fase 3.

Hari ini kita secara rutin berbicara tentang bakteri “baik” dan “jahat” dalam hidup kita. Virus termasuk dalam kategori yang sama. Tantangannya sekarang adalah mencari cara untuk menghentikan yang buruk dan mempromosikan yang baik.

MANUSIA TERINFEKSI SAAT LAHIR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.