Tuesday, June 25, 2024
HomeSportSepakbolaEURO 2020: Republik Ceko Singkirkan Belanda di 16 Besar

EURO 2020: Republik Ceko Singkirkan Belanda di 16 Besar

Republik Ceko selanjutnya akan berhadapan dengan Denmark di babak 8 Besar pada 3 Juli mendatang. Denmark lolos setelah mengalahkan Wales 4-0.

spot_img

BUDAPEST, SURYAKEPRI.COM – Republik Ceko singkirkan Belanda dengan skor 2-0 pada Babak 16 Besar EURO 2020 yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Minggu (27/6/2021) atau Senin dinihari waktu Indonesia.

Laga berlangsung seimbang sampai bek Belanda Matthijs de Ligt menerima kartu merah pada menit ke-55 karena melakukan professional foul dengan memukul bola menggunakan tangan saat terjatuh, mengingat dia menjadi orang terakhir yang harus berhadapan dengan Tomas Vaclik. 

Setelah memeriksa VAR, wasit Sergey Karasev asal Russia mengeluarkan kartu merah untuk bek Juventus itu, membuat de Oranje harus bermain dengan 10 pemain.

De Ligt merupakan pemain keempat Belanda yang dikeluarkan dari lapangan dalam pertandingan final EURO, semuanya melawan Ceko! Pemain lainnya adalah Johan Neeskens dan Wim van Hanegem pada tahun 1976 dan John Heitinga pada tahun 2004.

BACA JUGA:

Ceko akhirnya membobol gawang Maarten Stekelenburg pada menit ke-68, hanya 13 menit setelah de Ligt diusir dari lapangan.

Gol bermula dari pelanggaran Patrick van Aanholt yang menjatuhkan Petr Sevcik di sisi kanan. Antonin Barak mengambil tendangan bebas, disambut tandukan Tomas Kalas kepada Tomas Holes. Nama terakhir menanduk masuk bola ke gawang Belanda. 1-0. Itu adalah gol keempatnya di turnamen ini!

Pertahanan Belanda tampak rapuh tanpa De Ligt. Mereka dieksploitasi oleh para pemain Ceko dengan umpan-umpan silang yang terbukti memberikan masalah.

Alhasil, pasukan Jaroslav Silhavy kembali menambah gol pada menit ke-80 untuk menjadikan skor 2-0. Kali ini dicetak oleh Patrik Schick, menyepak umpan dari Tomas Hole. Dengan satu gol dan satu assist, Tomas Hole didapuk sebagai  Star of the Match alias  pemain terbaik di laga ini.     

Bagaimanapun, Republik Ceko pantas memenangkan laga ini. Mereka berhasil mengatasi tekanan Belanda di awal laga, kemudian mengimbangi permainan hingga babak pertama usai tanpa gol.

Secara keseluruhan Tomas Soucek dkk memiliki 48 persen penguasaan bola, serta membuat total 13 tembakan dengan lima di antaranya on target, termasuk berbuah dua gol.

Anak-anak asuh Frank de Boer memiliki 52 persen ball possession, membuat total tujuh tembakan tanpa satu pun yang tepat sasaran.

Mantan bintang Belanda, Wesley Sneijder, telah memperingatkan sebelum pertandingan, bahwa Babak 16 Besar tidak akan mudah dan bahkan situasi bisa menjadi lebih sulit bagi Belanda.

“Anda melihat Italia kemarin; semua orang mengharapkan mereka untuk menang dengan mudah, tetapi mereka tidak melakukannya. Di fase knockout segalanya menjadi jauh lebih sulit,” katanya merujuk kemenangan 2-1 Italia atas Austria yang diraih dengan susah payah.

Belanda kini telah kalah dalam tiga pertandingan fase sistem gugur turnamen final EURO terakhir mereka.

Belanda sudah tersingkir. Sementara Republik Ceko selanjutnya akan berhadapan dengan Denmark di babak 8 Besar pada 3 Juli mendatang. Denmark lolos setelah mengalahkan Wales 4-0.

Untuk diingat, 17 tahun lalu, Republik Ceko mengalahkan Denmark 3-0 di perempat final EURO 2004.

Susunan Pemain: 

BELANDA [3-5-2]: Stekelenburg; Dumfries, De Vrij, De Ligt, Blind (Timber 81), Van Aanholt (Berghuis 81); De Roon (Weghorst 73), Wijnaldum, F. de Jong; Depay, Malen (Promes 57).

Pelatih: Jaroslav Silhavy

Republik Ceko [4-2-3-1]: Vaclík; Coufal, elůstka, Kalas, Kadeřábek; Holeš (Král 85), Souček; Karnaval (Jankto 79), Barák (Sadílek 90 + 2), evčík (Hložek 85); Schick (Krmenčík 90 + 2).

Pelatih: Frank de Boer.

Man of the MatchTomáš Holeš. (*)

Penulis: Eddy Mesakh | Sumber: Uefa.com

EURO 2020, Republik Ceko, Belanda, Ceko 2-0 Belanda, Belanda Tersingkir, Ceko vs Denmark, Matthijs de Ligt  

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER