Friday, April 19, 2024
HomeSportSepakbolaUPDATE DATA & FAKTA Jelang Italia vs Spanyol pada Semi-Final EURO 2020

UPDATE DATA & FAKTA Jelang Italia vs Spanyol pada Semi-Final EURO 2020

Data & Fakta menarik skuad Italia dan Spanyol yang akan bentrok di Semi-Final EURO 2020

spot_img

KLIK DAN BACA SEMUA FAKTA TERKAIT ITALIA VS SPANYOL 

Logo EURO 2020SURYAKEPRI.COM –  Jelang Italia vs Spanyol, berikut semua kabar terbaru dari kedua tim yang akan berlaga pada semi-final EURO 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu 7 Juli 2021 atau Kamis dinihari pukul 02:00 WIB.

Kemenangan Italia melawan Belgia adalah yang ke-13 berturut-turut, meskipun tidak seperti 11 pertandingan pertama yang dijalankan tim asuhan Roberto Mancini itu kebobolan satu gol di masing-masing dari dua pertandingan terakhir mereka.

Pertahanan Italia tidak pernah ditembus lebih dari sekali dalam 35 pertandingan terakhir mereka, sejak kalah 3-1 dari Prancis dalam pertandingan persahabatan pada 1 Juni 2018, pertandingan kedua mereka di bawah asuhan Roberto Mancini.

Azzurri kini tak terkalahkan dalam 33 pertandingan internasional (M27 S5), memecahkan rekor nasional yang bertahan sejak 1930-an. Kekalahan terakhir mereka adalah 1-0 melawan Portugal di Lisbon di UEFA Nations League pada 10 September 2018.

Terakhir kali Italia tertinggal dalam sebuah pertandingan adalah ketika Edin Džeko memberi Bosnia dan Herzegovina keunggulan pada menit ke-57 dalam pertemuan UEFA Nations League di Florence pada 4 September 2020; Azzurri menyamakan kedudukan sepuluh menit kemudian. Itu adalah satu-satunya periode selama 23 pertandingan terakhir mereka di mana Italia tertinggal oleh gol lawan.

BACA JUGA:

Satu-satunya EURO lainnya di mana Italia memenangkan ketiga pertemuan grup adalah pada tahun 2000, ketika mereka juga memulai dengan kemenangan melawan Turki (2-1) sebelum mengalahkan Belgia (2-0) dan Swedia (2-1). Italia akhirnya takluk 2-1 dari Prancis di final akibat golde goal/gol emas David Trezeguet pada menit ke-103 extra time.

Pada laga tersebut, Italia duluan memimpin 1-0 pada menit ke-55 berkat gol Marco Delvecchio, tetapi disamakan oleh Sylvain Wiltord pada menit ke-90+4. Berlanjut ke extra time, dimana pemain Juventus (2000-2010) Trezeguet mencetak gol emas bagi kemenangan Les Bleus.

Gol Nicolò Barella melawan Belgia adalah yang keenam di level internasional dan pertama di turnamen sepak bola. Gelandang Internazionale itu mencetak gol pertama Italia dalam kampanye kualifikasi UEFA EURO 2020 – memasuki tujuh menit pertandingan pembukaan – saat kemenangan kandang 2-0 melawan Finlandia.

Lorenzo Insigne mencetak gol internasionalnya untuk Italia menjadi dua digit ketika membobol gawang Belgia pada menit ke-44 perempat final EURO 2020. Kini Insigne memiliki 10 gol dari 45 penampilan untuk Azzurri, dua gol terjadi di UEFA EURO 2020 saat membobol gawang Turki pada Matchday 1. Insigne mencetak gol ketiga pada menit ke-79 dalam kemenangan 3-0 itu.

Ciro Immobile mencetak caps ke-50 untuk Italia saat melawan Belgia, membuatnya menjadi anggota ketiga skuad Roberto Mancini yang mencapai 50 penampilan. Dia hanya kalah dari Giorgio Chiellini (110) dan Leonardo Bonucci (107).

Striker Lazio Ciro Immobile juga merupakan pencetak gol terbanyak di partai Italia, setelah mencetak gol pada lima dari tujuh penampilan terakhirnya untuk Azzurri untuk menambah jumlah gol internasional sepanjang masanya menjadi 15.

Italia memenangkan semua 13 pertandingan mereka ketika Ciro Immobile mencetak gol.

Dua gol Manuel Locatelli melawan Swiss pada Matchday 2 saat Italia menang 3-0 adalah yang pertama dalam karir profesionalnya. Locatelli hanya mencetak satu gol sebelumnya untuk Italia, dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA di kandang Bulgaria pada bulan Maret 2021 (2-0). Dia hanya tampil satu kali sebagai pemain pengganti sejak pertandingan melawan Swiss.

Gol Federico Chiesa melawan Austria di Wembley adalah gol keduanya untuk Italia pada penampilannya yang ke-29, satu-satunya gol sebelumnya yang menyelesaikan skor dalam kemenangan 9-1 Azzurri atas Armenia pada penutupan kualifikasi UEFA EURO 2020.

Matteo Pessina, tambahan akhir untuk skuad Italia menyusul penarikan Stefano Sensi yang cedera, mencetak gol kemenangan melawan Wales di Roma dan Austria di London, setelah mencetak dua gol pertamanya di level internasional dalam kemenangan persahabatan 7-0 pra-turnamen melawan San Marino di Cagliari.

Gaetano Castrovilli, yang meraih caps kedua dari tiga pertandingan melawan San Marino, 18 bulan setelah debutnya, menggantikan Lorenzo Pellegrini yang cedera dalam skuad menjelang turnamen.

Sebanyak 25 dari 26 pemain dalam skuad Roberto Mancini sejauh ini berhasil tampil di lapangan pada UEFA EURO 2020, kecuali kiper cadangan Alex Meret.

Di antara tujuh pemain Italia yang dipilih untuk UEFA EURO 2016 dan turnamen ini adalah kapten Giorgio Chiellini, yang tampil di final EURO keempatnya secara berturut-turut, serta Leonardo Bonucci dan Salvatore Sirigu, keduanya terlibat dalam putaran ketiga. Alumni EURO 2016 lainnya adalah Federico Bernardeschi, Alessandro Florenzi, Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne.

Leonardo Bonucci membuat penampilan putaran final EURO ke-16 melawan Belgia, satu lebih banyak dari rekan setimnya di lini pertahanan, Chiellini, dan hanya kalah satu dari rekor rekor Gianluigi Buffon di turnamen untuk Italia.

Hanya Chiellini dan Bonucci sebagai anggota skuad Italia yang mencetak gol di turnamen besar sebelumnya. Chiellini mencetak gol saat melawan Brasil di Piala Konfederasi FIFA 2013 dan Spanyol di UEFA EURO 2016. Sedangkan Bonucci adalah pencetak gol Azzurri dari titik penalti di perempat final EURO 2016 melawan Jerman.

Leonardo Spinazzola meninggalkan lapangan dengan tandu di perempat final melawan Belgia akibat cedera tendon Achilles dan diyakini dia harus absen lama.

Italia akan menjadi tuan rumah babak final UEFA Nations League pada musim gugur. Mereka akan kembali bertemu Spanyol di babak semifinal pertama di Milan pada 6 Oktober 2021.

Catatan Menarik Tim Spanyol 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER