Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaNasionalJepang Siapkan Penerbangan Khusus Evakuasi Warganya dari Indonesia

Jepang Siapkan Penerbangan Khusus Evakuasi Warganya dari Indonesia

Editor: Redaksi

spot_img

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Jepang menyiapkan penerbangan khusus untuk mengevakuasi warga mereka di Indonesia, menyusul lonjakan kasus virus corona.

Kepala Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato mengatakan hal itu disiapkan sebagai langkah antisipasi.

“Untuk melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan, sehingga orang Jepang yang ingin pulang dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang,” kata Katsunobu Kato, Selasa (13/7) seperti dikutip dari Nikkei Asia.

Baca juga: PPKM Darurat, Wali Kota Batam: Perekonomian Batam Semakin Memburuk

Kato mengatakan beberapa warga Jepang di Indonesia akan pulang pada hari Rabu (14/7) dengan penerbangan khusus oleh maskapai Jepang, yang didukung oleh pemerintah.

“Setelah itu, kami berencana melakukan upaya serupa dalam menanggapi permintaan dari warga Jepang,” ujarnya.

Indonesia kembali mencatat rekor tertinggi kasus baru virus corona dengan 47.899 orang pada Selasa (13/7).

Baca juga: 4 Zodiak Yang Terkenal Paling Setia, Cocok Dijadikan Pasangan

Dengan demikian, sejak pasien pertama diumumkan Presiden Jokowi pada 2 Maret 2020, kini total kumulatif terpapar virus corona di Indonesia sudah mencapai 2.615.529 kasus.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya telah mengatakan bahwa jumlah kasus diperkirakan akan melonjak karena peningkatan pengujian.

Awal Juli kemarin, media Jepang melaporkan lima warga negaranya yang bermukim di Indonesia meninggal akibat infeksi Covid-19 dalam kurun waktu sepuluh hari terakhir.

Baca juga: Aung San Suu Kyi Hadapi Tuntutan Korupsi Uang Miliaran dan Emas

Menurut laporan kantor berita NHK, kelima warga Jepang itu meninggal antara 26 Juni hingga 5 Juli lalu. Mereka adalah pegawai perwakilan perusahaan Jepang di Indonesia, dan sudah cukup lama bermukim bahkan ada yang usianya sudah 40-an tahun.

Dari catatan Kedutaan Jepang, sejak Desember 2020 jumlah warga mereka yang bermukim di Indonesia dan meninggal akibat Covid-19, termasuk kelima orang itu, sudah mencapai sepuluh orang.

Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah, CNNIndonesia.com telah berupaya menghubungi Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah tetapi belum ada komentar. (*)

Sumber: cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER