Kuartal II: Ekonomi Singapura Tumbuh 14,3 Persen  

Merlion Prak, Singapura. (Foto: language-int.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SINGAPURA, SURYAKEPRI.COM – Ekonomi Singapura tumbuh sebesar 14,3 persen tahun-ke-tahun (yoy) pada kuartal kedua tahun 2021.

Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) Singapura mengatakan pada Rabu (14/7/2021) bahwa pertumbuhan ini sebagian besar disebabkan oleh basis yang rendah pada periode yang sama tahun lalu ketika pemerintah memberlakukan “circuit breaker” atau tindakan pemutus arus untuk mencegah penularan Covid-19.

Perkiraan kemajuan kuartal kedua, yang sebagian besar dihitung dari data yang dikumpulkan dalam dua bulan pertama kuartal tersebut, berada di atas pertumbuhan 1,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Angka PDB yang kuat sebagian besar diharapkan untuk kuartal kedua, mengingat basis rendah dari tahun lalu ketika pemutus sirkuit memadamkan hampir semua kegiatan ekonomi dari 7 April hingga 1 Juni, mengakibatkan ekonomi berkontraksi sebesar 13,3 persen selama periode yang sama tahun lalu.

BACA JUGA:

Secara absolut, produk domestik bruto (PDB) Singapura pada kuartal kedua tahun ini tetap 0,9 persen di bawah level pra-pandemi pada kuartal kedua 2019, kata MTI.

Pada basis penyesuaian musiman kuartal-ke-kuartal (q to q), ekonomi mengalami kontraksi sebesar 2 persen pada kuartal kedua, kebalikan dari pertumbuhan 3,1 persen pada kuartal sebelumnya.

Ekonom sektor swasta yang disurvei oleh bank sentral dalam survei kuartalan baru-baru ini telah memperkirakan pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 15 persen untuk kuartal April hingga Juni tahun ini.

Ekonomi Singapura diproyeksikan pulih secara bertahap tahun ini, setelah menyusut 5,4 persen tahun lalu dalam resesi terburuk negara itu sejak kemerdekaan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.