Mulai Minggu Depan Pemda DIY Bagi Obat Gratis Pasien Covid-19 Isoman

Editor: Redaksi

Ilustrai Obat (Foto: Getty via dailymail)
Ilustrai Obat (Foto: Getty via dailymail)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

YOGYAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Pemda DIY akan membagikan obat gratis bagi pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman). Kebijakan ini rencanakanya akan mulai dilaksanakan minggu depan.

“Kimia farma baru melakukan pengadaan, ya mudah-mudahan [pembagian obat] bisa mulai minggu depan,” ujar Sekda DIY, Baskara Aji saat dikonfirmasi, Kamis (15/07/2021).

Menurut Aji, pembagian obat gratis ini sesuai arahan pemerintah pusat. Untuk tahap pertama, pemerintah pusat mengalokasikan sekitar 300 ribu obat-obatan untuk wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga: Sakit Hati Diputus Sang Kekasih, Seorang Pria Nekat Sebar Video Syur Mereka ke Medsos

Program ini digulirkan karena saat ini kebutuhan obat-obatan semakin tinggi seiring bertambah banyaknya pasien yang terkonfirmasi positif. Sementara harga obat di pasaran semakin tinggi dan stoknya pun kian menipis.

Karenanya Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan secara bertahap mendukung penyediaan obat-oabatan gratis. Kementerian BUMN yang bertugas memproduksi obat-obatan dalam jumlah besar secara gratis.

“Nanti obat-obatan itu akan disalurkan oleh TNI, diharapkan [obat-obatan] itu nanti mencukupi kebutuhan obat bagi pasien isoman di DIY,” jelasnya.

Baca juga: Penangkapan 5 WNA Asal dan China dan Malaysia di Sukabumi, Nyamar jadi Petani dan Ngumpet di Semak-semak

Aji menambahkan, pasien isoman bisa melapor ke Puskesmas untuk bisa mendapatkan obat gratis tersebut. Puskesmas yang nantinya meneruskan permintaan tersebut ke Kodim setempat.

Pasien juga harus melaporkan bila melakukan isoman di rumah. Dengan demikian Puskemas bisa mendata kebutuhan mereka selama melakukan isoman.

“Nanti yang menentukan dapat tidaknya [obat] ya dari puskesmas. Tapi yang mengantar obat TNI dan dibantu Kecamatan dan Polsek,” imbuhnya. (*)

(suara.com)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.