Info Cuaca Tanjungpinang dan Bintan untuk Tiga Hari ke Depan Diprediksi Berawan dan Berpeluang Hujan

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi Cuaca
Ilustrasi Cuaca
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan cuaca untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) untuk tiga hari ke depan.

Analisis dinamika suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) per tanggal 15 Juli 2021 disekitar perairan Kepulauan Riau khususnya di perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi yang hangat berkisar antara 29°C s.d 30°C dan anomali SST di wilayah perairan Kepulauan Riau cenderung bersifat netral ke positif yang bernilai antara 0.0 s.d.+1.0°C.

“Indeks ENSO terupdate sebesar -0.14 dan dalam kondisi netral, dan diprakirakan kondisi netral ini akan berlangsung hingga Desember 2021.

.Baca : Banyak Laporan Dari Masyarakat, Pemprov Kepri Evaluasi Penerapan PPKM Darurat Tanjungpinang-Bintan

Sehingga secara umum tidak memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia,” kata Prakiraan BMKG Tanjungpinang, Khalid Fikri Nugraha Isnoor, Sabtu (17/7/2021).

Sehingga cukup berpengaruh terhadap penambahan massa udara dari barat Samudera Hindia ke timur Samudera Hindia seperti Indonesia dan Australia.

Analisis per tanggal 15 Juli 2021 menunjukkan MJO tidak aktif yang mengindikasikan kurang berpengaruh terhadap distribusi awan-awan penghasil hujan di Indonesia, terutama di wilayah Kepulauan Riau yang dekat dengan Samudera Hindia bagian Timur.

“Angin Monsun Australia diprakirakan masih mendominasi sebagian besar wilayah Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dengan aliran massa udara di wilayah Indonesia bagian selatan equator umumnya didominasi angin timuran. Pola siklonal diprediksi terbentuk di
wilayah barat Sumatera dan Kalimantan bagian barat,” terangnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.