Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaInternasionalChina Tengah Banjir Parah Diguyur Hujan Paling Deras Sejak 1.000 Tahun lalu

China Tengah Banjir Parah Diguyur Hujan Paling Deras Sejak 1.000 Tahun lalu

spot_img

BEIJING, SURYAKEPRI.COM – Hujan deras yang disebut-sebut paling deras sejak 1.000 tahun terahir melanda sebagian gian besar wilayah Provinsi Henan, China mengakibatkan banjir besar, Rabu (21/7/2021).

Ibu kota provinsi Henan, Zhengzhou, menjadi wilayah paling parah. Dilansir Reuters, para ahli meteorologi menyampaikan bahwa hujan yang mengguyur daerah tersebut merupakan hujan paling lebat dalam 1.000 tahun terakhir.

Korban tewas di Zhengzhou akibat banjir bandang sejauh ini sebanyak 12 orang. Sekitar 100.000 orang dievakuasi ke zona aman.

Sejumlah sungai meluap mengakibatkan banyak layanan kereta api di Henan ditangguhkan, jalan raya ditutup dan penerbangan ditunda atau dibatalkan. Jalanan di belasan kota berpenduduk padat juga terendam air bah.

Sejak Sabtu (17/7/2021) hingga Selasa (20/7/2021), malam waktu setempat, 617,1 milimeter (mm) hujan telah mengguyur Zhengzhou, hampir setara dengan rata-rata tahunan kota yakni 640,8 mm.

Media lokal, mengutip para ahli meteorologi, mengabarkan bahwa curah hujan di Zhengzhou selama tiga hari tersebut baru terjadi kali ini dalam 1.000 tahun terakhir. Ketinggian air di puluhan waduk dan bendungan juga telah melebihi batas sehingga memicu peringatan.

Pada Selasa malam waktu setempat, pihak berwenang setempat mengatakan curah hujan telah menyebabkan jebolnya bendungan Yihetan di kota Luoyang.

Pihak berwenang menambahkan, bendungan itu bisa runtuh kapan saja. Di Zhengzhou, pusat pengendalian banjir setempat mengatakan bahwa waduk Guojiazui di kota itu juga jebol. “Upaya pencegahan banjir menjadi sangat sulit,” kata Presiden China Xi Jinping pada Rabu.

Sistem transportasi Zhengzhou lumpuh. Sekolah dan rumah sakit di sana juga lumpuh akibat genangan air yang parah. Beberapa anak terjebak di dalam taman kanak-kanak mereka sejak Selasa.

Rumah Sakit Afiliasi Pertama Zhengzhou juga lumpuh, dan bahkan pasokan cadangan turun, People’s Daily melaporkan pada Rabu. Media tersebut menambahkan, rumah sakit itu berjuang mencari transportasi untuk memindahkan sekitar 600 pasien yang kritis.

Video di media sosial menunjukkan mobil dan stasiun kereta bawah tanah terendam di provinsi Henan tengah China pada Selasa (20/7/2021), setelah hujan lebat menyebabkan banjir di beberapa kota. Henan, provinsi terbesar ketiga di China, yang merupakan rumah bagi sekitar 94 juta orang, telah dilanda badai hujan yang tidak biasa sejak akhir pekan, menurut Reuters.

Video menunjukkan seluruh Zhengzhou dan di kota Barat Daya Ruzhou, menunjukkan aliran air yang mengalir melalui jalan-jalan dan mobil-mobil terendam seluruhnya. Satu video menunjukkan seorang pria yang terperangkap di dalam kendaraannya ketika gelombang air banjir berlumpur mulai merendam seluruh jalan.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER