Ditolak Warga, Kapolres Turun Tangan Pemakaman Jenazah Covid-19

Editor : Sudianto Pane

Pemakaman jenazah almarhum Rosdan Lubis di TPU Timbangan, Rabu (21/7) dini hari yang sempat ditolak warga. foto: istimewa
Pemakaman jenazah almarhum Rosdan Lubis di TPU Timbangan, Rabu (21/7) dini hari yang sempat ditolak warga. foto: istimewa
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy harus turun tangan untuk membantu memakamkan jenazah Covid-19 di TPU Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Rabu (21/7), sekitar pukul 02.30 WIB dini hari tadi.

Sebelumnya, jenazah Covid-19 atas nama Rosdan Lubis (69), warga Perumahan Mutiara Indah 2 Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara yang merupakan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) ini mendapatkan penolakan dari warga untuk dimakamkan di tanah miliknya di Desa Tanjung Pering, Kecamatan Indralaya Utara.

“Sebelum meninggal, almarhum menyampaikan wasiat kepada anaknya bahwa minta dikuburkan di tanah miliknya di Desa Tanjung Pering. Pada hari Selasa (20/7) pasien ini meninggal pada pukul 12.00 WIB di RSUD Tanjung Senai,” terang Yusantiyo.

Yusantiyo baru menghadiri pemakaman jenazah tersebut sekitar pukul 23.45 WIB, setelah sebelumnya mendapatkan laporan dari petugas terkait beberapa kali penolakan oleh warga. Setelah mendapatkan penolakan dari warga di Desa Tanjung Pering, pemakaman sempat akan dipindahkan di Desa Tanjung Baru.

.Baca : Sekitar 1.400 Pasien Covid-19 di Jakarta Antre di Lorong untuk Masuk IGD

“Kehadiran kita di sini guna bertemu dengan Kepala Desa Tanjung Baru dan Ketua BPD Desa Tanjung Baru perihal pemakaman almarhum. Dari hasil pertemuan tersebut warga Desa Tanjung Baru masih tidak mengizinkan almarhum dimakamkan di Desa Tanjung Baru,” lanjut Yusantiyo.

Sekitar pukul 00.30 WIB iring-iringan mobil jenazah dibawa ke TPU Kelurahan Timbangan dipimpin oleh Kapolres. Di lokasi TPU, hadir pula Lurah Timbangan bersama staf, RT 04 Kelurahan Timbangan, Wakil Ketua Persatuan Amal Kematian.

Setelah dilakukan pertemuan dengan pihak kelurahan dan mendapat kejelasan dari Kapolres Ogan Ilir, bahwa sudah ada surat edaran atau instruksi dari pemerintah tentang warga pasien covid yang meninggal dunia, pemakamannya dikembalikan ke TPU masing-masing.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.