Olimpiade Tokyo 2020 Tanpa Penonton, Pengusaha Jepang Enggan Jadi Sponsor

Editor: Redaksi

Olimpiade Tokyo/ Foto: detik.com
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TOKYO, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Jepang akan tetap menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020 meskipun pandemi masih belum usai. Salah satu konsekuensinya adalah gelaran olahraga dunia ini dilakukan tanpa penonton di setiap pertandingannya.

Hal tersebut, menjadi sorotan pengusaha terkemuka di Jepang. CEO Suntory Takeshi Niinami mengatakan Olimpiade akan kehilangan nilai komersialnya. Bahkan Takeshi mengatakan perusahaannya memutuskan untuk tidak menjadi sponsor resmi Olimpiade Tokyo.

Baca juga: Mencekam di Terowongan Kereta Bawah Tanah, Penumpang Terjebak Pusaran Air Banjir

Bos raksasa minuman beralkohol Jepang yang memproduksi Jim Beam hingga Orangina ini mengatakan menjadi sponsor Olimpiade Tokyo akan terlalu mahal biayanya.

“Kami memang pernah berpikir untuk menjadi mitra Olimpiade, tetapi ternyata nilai ekonomisnya tidak cocok,” kata Takeshi, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Datang Langsung ke Gudang Bulog, Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Nasional Cukup

Keputusan penyelenggara untuk melarang penonton pada gelaran Olimpiade di Tokyo karena masalah kesehatan masyarakat membuat Takeshi mengurungkan niatnya untuk menjadikan Suntory sponsor resmi Olimpiade.

Dia menilai kerugian ekonomi akan besar bila Olimpiade dilakukan tanpa penonton. Padahal, dengan adanya penonton Takeshi memperkirakan bahwa bisnis Jepang bisa mengalami kenaikan sekitar 10% dalam penjualan.

“Kerugian ekonomi akan sangat besar,” kata Takeshi.

Baca juga: Aktris Cantik Dian Sastro Donasi Rp 30 Juta Untuk Komunitas Dapur Umum Buruh Gendong Perempuan Jogja

Alih-alih menjadi sponsor resmi, Suntory mencari jalan lain untuk tetap tampil selama Olimpiade. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini berencana untuk bekerja sama dengan restoran dan bar di sekitar tempat olahraga untuk mempromosikan minumannya. Mereka juga akan membuka beberapa tempat untuk melayani produknya secara eksklusif.

“Inilah saatnya kita harus memikirkan, apa nilai Olimpiade? Saya pikir Olimpiade telah kehilangan nilainya,” ungkap Takeshi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.