Setelah 18 Tahun, Penyakit Langka Cacar Monyet Muncul Lagi di AS

Editor : Sudianto Pane

Foto ilustrasi
Foto ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pejabat kesehatan Amerika Serikat sedang melacak Lebih dari 200 orang yang tersebar di 27 negara bagian di Amerika Serikat terkait kemungkinan munculnya penularan cacar monyet.

Aparat khawatir para individu tersebut telah berkontak dengan seorang pria Texas yang membawa penyakit itu dari Nigeria awal bulan ini.

Adapun pria yang bersangkutan telah dibawa ke rumah sakit dalam kini dalam kondisi stabil. Dia diyakini sebagai pasien cacar monyet pertama di AS sejak 2003 silam.

Sejauh ini tidak ada kasus lain yang dilaporkan muncul di AS.

.Baca : Lagi, Dirjen WHO Tegaskan: ‘Prematur’, Bantahan Covid-19 Bocor dari Lab Wuhan

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengatakan individu-individu yang dilacak adalah para penumpang di dalam pesawat yang sama dengan si pria asal Texas. Mereka dikhawatirkan ikut terpapar penyakit cacar monyet.

Disebutkan CDC, pihak maskapai turut memeriksa “potensi risiko pada mereka yang mungkin berkontak dekat dengan si pria”.

Meski demikian, tambah CDC, kemungkinan penyakit itu menyebar di dalam pesawat terbilang kecil karena para penumpang diharuskan memakai masker.

Pria asal Texas itu bertolak dari Lagos, Nigeria, menuju Atlanta, Negara Bagian Georgia, AS, pada 9 Juli. Dia kemudian melanjutkan penerbangan ke Dallas, tempat dia sekarang dirawat, menurut CDC.

Juru bicara CDC menuturkan kepada BBC bahwa mereka “bekerja sama dengan dinas kesehatan negara bagian dan daerah setempat untuk menelusuri para individu yang mungkin terpapar cacar monyet.”

“Risiko terhadap masyarakat umum ditengarai rendah,” kata juru bicara CDC, seraya menambahkan bahwa tidak satupun dari 200 orang yang dilacak masuk dalam golongan “risiko tinggi”.

Cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus. Penyakit itu masuk dalam keluarga yang sama dengan cacar air, tapi relatif kurang ganas.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.