FGD POLRI: Simak Prinsip Pemolisian di Tengah Pandemi Covid-19

Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Model Pemolisian di Era Pandemi Guna Penanggulangan Persebaran Covid-19 Dalam Rangka Mengawal Pemulihan Ekonomi Nasional‘ yang digelar oleh Korbinmas Baharkam Polri. (Foto: Humas Polri) 
Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Model Pemolisian di Era Pandemi Guna Penanggulangan Persebaran Covid-19 Dalam Rangka Mengawal Pemulihan Ekonomi Nasional‘ yang digelar oleh Korbinmas Baharkam Polri. (Foto: Humas Polri) 
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM  – Polisi akan tetap bertindak tegas namun tetap mengedepankan sikap humanisme dalam menindak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Itu adalah simpulan dari Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Model Pemolisian di Era Pandemi Guna Penanggulangan Persebaran Covid-19 Dalam Rangka Mengawal Pemulihan Ekonomi Nasional‘ yang digelar oleh Korbinmas Baharkam Polri

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan, soal prinsip pemolisian di era pandemi Covid-19. Di antaranya hubungan dengan masyarakat yang lebih personal, proaktif memantau, dan melayani masyarakat dengan stakeholder terkait.

“Menjadi problem solver [memecahkan masalah], membangun komunikasi yang efektif dengan masyarakat, kesetaraan antara pengembang Polri dan masyarakat, akuntabilitas, menjalin kemitraan yang baik antara Polri dengan stakeholder dan masyarakat, transparansi informasi yang akurat sebagai hoax-buster, partisipasi Polri dan masyarakat dalam penanggulangan Covid-19,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Tak hanya itu, Argo menyebut dalam penerapan PPKM Level 4 dewasa ini polisi harus memastikan perekonomian masyarakat harus tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

BACA JUGA: 

“Tugas polisi memastikan bahwa segala ketentuan selama PPKM 4 ini dipatuhi sesuai regulasi, tetapi tidak selalu bersikap koersif [memaksa]. Tidak boleh mematikan ekonomi,  tetapi memastikan transaksi antar masyarakat dipastikan sudah sesuai prosedur kesehatan,” jelas Argo.

Argo menekankan, polisi perlu memahami perannya sebagai frontliner [garis depan] yang merespon secara pertama keadaan darurat dan secara sadar perlu mengadopsi manajemen bencana-termasuk pengurangan risiko bencana-sebagai salah satu solusi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.