Stok Oksigen di RSUD Wangaya Denpasar Mulai Menipis

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi tabung oksigen
Ilustrasi tabung oksigen
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Direktur RSUD Wangaya Denpasar, Anak Agung Made Widiasa mengatakan bahwa saat ini RSUD Wangaya Denpasar memiliki 3.838 meter kubik oksigen dan sekitar 25 tabung oksigen.

Jumlah tersebut diperkirakan hanya cukup untuk 2 hari ke depan. Itu lantaran kebutuhan mencapai 1.800 kubik per hari. Dari sebelumnya hanya 900 meter kubik okisgen cair kini naik menjadi 1.800 meter kubik per hari.

Ini hanya untuk dua hingga tiga hari ke depan karena kebutuhan per hari 1.800 kubik setiap hari,” ujar Anak Agung Made Widiasa kepada wartawan, dalam video CNN Indonesia, dikutip Minggu (25/7).

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa RSUD Wangaya Denpasar saat ini merawat 84 pasien Covid-19 atau melebihi batas yang hanya 73 tempat tidur. Sedangkan pasokan oksigen disuplai dari pulau Jawa dikirim setiap 2-3 hari sekali.

.Baca : Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kepri Ajukan Bantuan Tabung Oksigen ke Singapura

Penggunaan oksigen itu dilakukan secara selektif yakni khusus bagi pasien emergency sedangkan pasien yang menjalani operasi tetapi tidak emergensi akan ditunda.

“Selektif dalam pemakaian oksigen kita gunakan pada pasien yang rencana operasi. Selektif dalam artian hanya dilakukan pada emergency jadi yang elektfif akan ditunda dulu,” ungkap ia.

Tidak hanya Bali, kekurangan oksigen juga terlihat di Jawa. Pemerintah mulai mengimpor pasokan oksigen dari negara-negara seperti Amerika Serikat dan China.

Sementara itu, mengutip CNBC International Organisasi penelitian Our World in Data mengatakan Indonesia diprediksi memiliki tingkat kematian tiga kali lebih tinggi dari rata-rata global akibat virus corona.

Soal stok oksigen ini, sebelumnya, Pemerintah India juga mengirimkan bantuan 100 ton liquid oksigen yang dikemas dalam 5 ISO Tank berkapasitas masing-masing 20 ton.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.