Labor PCR Karimun Tinggal Tunggu Izin dari Pemprov Kepri

Penulis: Rachta Yahya/ Editor: Redaksi

Seorang ilmuwan medis sedang mengerjakan metode RT-PCR untuk pengujian virus corona di laboratorium biosafety level II, Departemen Ilmu Kedokteran WHO.(Foto: WHO)
Seorang ilmuwan medis sedang mengerjakan metode RT-PCR untuk pengujian virus corona di laboratorium biosafety level II, Departemen Ilmu Kedokteran WHO.(Foto: WHO)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Kabar baik datang dari Bupati Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), H Aunur Rafiq. Orang nomor satu di Kabupaten Karimun itu mengabarkan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 di RSUD Muhammad Sani, Karimun sudah siap.

Sekarang sedang menunggu izin dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sekitar dua minggu.

“Alhamdulilah, alat PCR sudah terpasang, sudah siap semuanya, sudah diverifikasi dan tinggal menunggu proses perizinannya selama lebih kurang dua minggu dari Pemprov Kepri,” kata Rafiq.

Baca juga: Covid-19 Bunuh Karapiru Awá Guajá, Penduduk Asli Amazon yang Pernah Lolos dari Pembantaian

Sebelum dibuka untuk umum, Rafiq menyebut pihaknya akan terlebih dahulu melakukan uji coba labor PCR tersebut.

Rafiq bahkan bersedia menjadi sukarelawan untuk uji coba labor PCR di RSUD Karimun itu.

“Mungkin saya akan melakukannya dengan Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Danlanal, Dandim dan FKPD yang lainnya,” ujar Rafiq.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, pihaknya sangat berharap Pemprov Kepri dapat segera mengeluarkan izin penggunaan alat tersebut.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Supermarket di Sydney Punya Cara Baru Tegakkan Aturan Jarak Sosial

Mengingat keberadaan alat tes PCR ini memang sudah ditunggu-tunggu masyarakat Kabupaten Karimun.

“Apalagi dewasa ini, angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Karimun terus meningkat. Tentu dengan adanya alat tes PCR ini bisa mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Sementara itu, penanggungjawab tes PCR RSUD Karimun, dr Abdul Muin Ritonga mengatakan, alat PCR di RSUD Karimun saat ini berjumlah dua unit.

Baca juga: Sydney Lockdown Empat Minggu, Warga Bertanya Kapan Wabah Delta Berakhir

Kedua alat tersebut sudah dilakukan uji fungsi oleh Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam dan sudah disupervisi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.