PPKM Diperpanjang di Batam, Wisata Hutan Mata Kucing Kolaps

Editor : Sudianto Pane

Foto Kawasan Hutan Mata Kucing
Foto Kawasan Hutan Mata Kucing
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Situasi Pandemi Covid-19 membuat kawasan wisata di Batam banyak yang kolaps, salah satunya Kawasan Wisata Hutan Mata Kucing, Sekupang. Tak adanya pemasukan membuat destinasi wisata ini mati suri, kondisinya kini sudah terbengkalai. Bahkan puluhan satwa terpaksa diangkut Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Riau Seksi konservasi wilyah II Batam, sebagai upaya penyelamatan.

Pengelola Wisata Hutan Mata Kucing, Netty Herawati saat dikonfirmasi , Jumat (30/7/2021) membenarkan kabar tersebut. Dirinya tak sanggup lagi mempertahankan napas destinasi wisata yang sudah dikelolanya puluhan tahun itu.

.Baca : WHO: Covid-19 Varian Delta Tidak Lebih Mematikan dari Strain Lain

.Baca : Kawasan Wisata Pantai di Barelang Batam Ditutup Sementara hingga 1 Agustus

“Semenjak PPKM sudah tutup, sampai  saat ini saya isolasi karena Corona, saya tidak lagi bisa mengurus hewan-hewan,” katanya.

Dirinya mengatakan, awal-awal pandemi penurunan kunjungan wisata sudah 15 persen dari biasanya. Tim Satgas Covid-19 yang selalu ada di lokasi wisata membuat pengunjung takut. Hal itu berimbas pada biaya perawatan hewan yang mengandalkan pemasukan pengunjung

Netty bercerita, ia mendapatkan izin untuk menjaga dan merawat Hutan Mata Kucing sebagai kawasan konservasi tanaman hijau awalnya pada tahun 2000.

Setelah itu ia mengembangkannya menjadi Destinasi Taman Wisata Alam Hutan Mata Kucing yang lengkap dengan satwa titipan BKSDA dan dari hibah instansi pemerintah.

“Izin utamanya untuk menjaga hutan, jumlah area lahan sekitar 200 hektare untuk jenis pohon-pohon yang ada meliputi Pohon Bintangur, dan Gaharu. Pohon Gaharu didatangkan sebagian dari Kalimantan sebanyak 14 ribu batang,” katanya.

.Baca : Pemkab Lingga Menutup Sementara Pantai Sunset Untuk Tekan Kasus Covid-19

Kini Netty hanya bisa pasrah, hewan-hewan titipan yang sudah puluhan tahun meramaikan Wisata Hutan Mata Kucing kini terpaksa harus ditarik kembali BKSDA.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.