Lion Air Group Rumahkan 8.050 Karyawannya

Editor : Sudianto Pane

Lion Air
Lion Air
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini membuat maskapai penerbangan Lion Air Group merumahkan sebagian karyawannya

Kondisi ini disebabkan oleh kondisi pasar dan jumlah penumpang pesawat yang mengalami penurunan.

“Selama mereka (karyawan) yang berstatus dirumahkan, Lion Air Group akan berusaha membantu memberikan dukungan biaya hidup sesuai kemampuan perusahaan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu, 1 Agustus 2021.

.Baca : Garuda Indonesia Kembalikan Dua Pesawat Sewaan Untuk Kurangi Beban Keuangan

.Baca : Pengusaha Meminta Pemerintah Cairkan Subsidi Gaji untuk Perusahaan yang Terdampak PPKM

Tempo merangkum sejumlah fakta dari kebijakan yang diambil perusahaan, berikut di antaranya:

1. 25 sampai 35 Persen Karyawan

Lion Air Group yang menaungi Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, merumahkan karyawan menurut beban kerja (load) di unit masing-masing. Jumlahnya sekitar 25 sampai 35 persen dari total 23 ribu karyawan, atau sekitar 5.750 sampai 8.050 orang.

Tapi, Danang memastikan para karyawan ini sama sekali tidak kena PHK. Selama dirumahkan, Lion Air juga akan mengadakan pelatihan secara virtual sesuai dengan bagian unit masing-masing. “Keputusan ini berlaku sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Danang.

2. Alasan Karyawan Dirumahkan

Danang menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil karena jumlah produksi pekerjaan dengan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan dalam kondisi yang tidak seimbang. Situasi ini terjadi karena jumlah penumpang pesawat turun.

Otomatis, frekuensi terbang pun juga ikut menurun. Sehingga, perusahaan perlu melakukan skema pemulihan (recovery and reorientation) untuk menjaga kelangsungan usaha. Salah satunya pengurangan tenaga kerja dalam jangka waktu tertentu di berbagai unit.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.