PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 9 Agustus di 21 Provinsi, Termasuk Kepri

Editor: Redaksi

Ilustrasi PPKM Level IV di Indonesia. (Suryakepri.com)
Ilustrasi PPKM Level IV di Indonesia. (Suryakepri.com)

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah memperpanjang PPKM Level 4 di 21 provinsi dengan 45 kabupaten/kota luar Pulau Jawa dan Bali mulai 3 hingga 9 Agustus 2021.

“Di luar Jawa-Bali ini ada 21 provinsi dan 45 kabupaten/ kota yang level 4 dan ini dilanjutkan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam jumpa pers, Senin (2/8).

Airlangga menyebut provinsi yang menerapkan PPKM Level 4 itu masih mengalami lonjakan kasus positif Covid-19, dengan lima yang tertinggi Provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Barat.

Baca juga: Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 9 Agustus di Beberapa Kabupaten/Kota

“Kemudian beberapa provinsi turun, yaitu di NTT kecuali kabupaten Sikka, Lampung, NTB, Maluku, Malut, Papua Barat, Kepri dan Kalteng,” ujarnya.

Selain itu, kata Airlangga, kasus positif Covid-19 juga melonjak di Kota Medan, Kota Makassar, Kota Banjarmasin, Kota Pekanbaru, Kota Banjarbaru, Kota Tarakan dan Jayapura.

“Sedangkan kabupatennya adalah Sikka, Berau, dan Belitung. Ini adalah daerah-daerah yang kenaikannya tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daerah-daerah tersebut,” katanya.

PPKM Level 4 kali ini juga diterapkan di 7 provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Presiden Joko Widodo pun resmi memutuskan memperpanjang penerapan PPKM Level 4 hingga 9 Agustus.

Baca juga: Anthony Ginting Raih Medali Perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Usai Mengalahkan Kevin Cordon