Menlu AS Antony Blinken Ungkap Pembicaraan Strategis dengan Indonesia; Bahas Apa?

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbincang dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi di Washington DC, Selasa (3/8/2021). (Foto dari Flickr).
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbincang dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi di Washington DC, Selasa (3/8/2021). (Foto dari Flickr).
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

WASHINGTON, SURYAKEPRI.COM – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada Selasa (3/8/2021) waktu AS bahwa dirinya melakukan “dialog strategis” antara Amerika Serikat dan Indonesia pada pembicaraan di Washington dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Blinken mengatakan kepada wartawan saat bertemu Marsudi di Departemen Luar Negeri bahwa dialog telah disepakati antara kedua negara beberapa tahun lalu, tetapi sebenarnya sekarang sedang dimulai pada pertemuan keduanya di Washington.

“Indonesia adalah mitra demokrasi yang kuat bagi Amerika Serikat; kami bekerja sama di banyak bidang yang berbeda,” kata Blinken.

Retno Marsudi mengatakan kemitraan yang kuat dengan Indonesia, negara dan ekonomi terbesar di 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), “akan menjadi aspek kunci bagi peningkatan keterlibatan AS di kawasan”.

BACA JUGA:

Dia mengatakan Amerika Serikat adalah salah satu mitra penting bagi ASEAN dalam mengimplementasikan pandangannya untuk Indo-Pasifik.

“Sesuai harapan saya, dan pemerintah Indonesia, untuk memajukan hubungan bilateral dengan AS dari kesehatan ke SDGs, dari pendidikan, ekonomi, dan seterusnya,” katanya, menggunakan akronim untuk tujuan pembangunan berkelanjutan [sustainable development goals].

Blinken mengatakan Washington menantikan kepemimpinan Indonesia di G20 tahun depan dan untuk membahas perdagangan dan investasi bilateral serta masalah dan tantangan regional di mana kedua negara bekerja sama secara erat.

Blinken mengatakan dirinya dan Marsudi berencana untuk membahas COVID-19 dan mencatat bahwa Washington baru-baru ini menambahkan 3,5 juta dosis vaksin menjadi 4,5 juta yang sudah dibagikan dengan Indonesia.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.