PERINGATAN DINI BMKG: Hujan Es dan Hujan-Angin Disertai Petir Berpeluang Terjadi di Wilayah-wilayah Ini

Prakiraan angin lapisan 3000 feet di Indonesia pada Jumat 6 Agustus 2021 pukul 07:00 - 00:00 WIB. (Sumber: BMKG)
Prakiraan angin lapisan 3000 feet di Indonesia pada Jumat 6 Agustus 2021 pukul 07:00 - 00:00 WIB. (Sumber: BMKG)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Sejumlah wilayah di Indonesia diimbau untuk waspada terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem pada Jumat – Kamis, 6-12 Agustus 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa angin timuran diprediksi masih dominan di wilayah Indonesia.

Gelombang Rossby Ekuator di awal minggu masih terlihat di Sumatera bag utara, gelombang Kelvin diprediksi aktif di wilayah Sumatera dan Kalimantan bagian utara, serta tipe low frequency yang diprakirakan masih aktif di wilayah Lampung, Kalimantan bagian  selatan, Jawa dan sebagian Sulawesi pada periode 6 – 12 Agustus.

Kondisi ini akan menyebabkan peningkatan suplai uap air ke atmosfer yang dapat mendukung potensi pertumbuhan awan hujan pada waktu tersebut.

BACA JUGA:

Penyebab cuaca ekstrem, Madden-Julian Oscillation (MJO), yang merupakan gelombang atmosfer pembawa massa udara basah berada di fase 8 (Western Hemisphere and Africa) dan diprakirakan semakin melemah dalam satu minggu ke depan.

Angin di lapisan bawah umumnya bertiup dari Timur – Selatan dengan kecepatan berkisar antara 05 – 27 knot pada BBS, dan dari Tenggara – Barat daya pada Belahan Bumi Utara (BBU).

Pola vorteks diprakirakan terbentuk di wilayah barat Sumatera dan Utara Papua. Pola konvergensi dan shear diprakirakan terbentuk di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Pesisir selatan Jawa bag barat, Kalimantan bagian Utara, Papua Barat dan Papua.

Kelembaban udara lapisan menengah cukup basah (lebih dari 60%) pada periode 6 – 8 Agustus 2021 di sebagian besar wilayah Indonesia, kecuali di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT), kondisi tersebut diprakirakan akan bertahan hingga periode 9 – 12 Agustus 2021.

Potensi Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem

Potensi hujan lebat berdasarkan model akan mendominasi sebagian wilayah Pesisir Barat
Sumatera, Jawa bagian barat dan tengah, Kalimantan, Sulawesi bagian tengah, Maluku,
Papua dan Papua barat pada periode seminggu ke depan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.