Pertama Sejak Pandemi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 7,07 Persen pada Kuartal II – 2021

BANK INDONESIA (Nikkei Asian)
BANK INDONESIA (Nikkei Asian)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM –  Perekonomian Indonesia tetap bertumbuh di tengah badai pandemi Covid-19 yang meluluhlantakkan perekonomian global sejak tahun 2020 silam.

Dikutip dari laporan Bank Indonesia (BI) pada Kamis (5/8/2021), menyebutkan bahwa perekonomian Indonesia pada triwulan II 2021 mencatat pertumbuhan positif untuk pertama kali sejak merebaknya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020, yang tumbuh sebesar 7,07% tahun ke tahun (yoy).

Kinerja tersebut melanjutkan perbaikan yang telah terjadi hingga triwulan I 2021 dan merupakan pertumbuhan tertinggi sejak triwulan IV 2004 (7,16%, yoy).

Pertumbuhan ini telah menyebabkan nilai PDB riil pada triwulan II telah melampaui nilai PDB riil pada triwulan IV 2019, sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

BACA JUGA:

Perbaikan ekonomi ditopang oleh kinerja positif seluruh komponen permintaan dan lapangan usaha (LU).

Ke depan, untuk mendorong perbaikan ekonomi, Bank Indonesia terus meningkatkan koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dan instansi terkait, termasuk melalui koordinasi kebijakan moneter–fiskal, kebijakan peningkatan ekspor, serta inklusi ekonomi dan keuangan, di tengah berlanjutnya akselerasi pelaksanaan vaksin dan penerapan protokol kesehatan.

Faktor Pendorong Ekonomi Indonesia

Bank Sentral menjelaskan bahwa dari sisi permintaan, perbaikan ekonomi pada triwulan II 2021 terutama didorong oleh peningkatan kinerja ekspor, konsumsi rumah tangga, investasi, dan konsumsi Pemerintah.

Pada triwulan II 2021, ekspor tumbuh sangat tinggi sebesar 31,78% (yoy) didukung oleh kenaikan permintaan negara mitra dagang utama.

Konsumsi rumah tangga untuk pertama kalinya tercatat tumbuh positif sejak triwulan II 2020 sebesar 5,93% (yoy), jauh membaik dari kinerja triwulan I 2021 (-2,22%, yoy).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.