Monday, June 24, 2024
HomeCoronaSiap Jadi Produsen Utama Vaksin Covid-19, Korsel Investasi Puluhan Triliun

Siap Jadi Produsen Utama Vaksin Covid-19, Korsel Investasi Puluhan Triliun

spot_img

SEOUL, SURYAKEPRI.COM – Korea Selatan berencana menginvestasikan 2,2 triliun won ($1,9 miliar/Rp 27 T) untuk menjadi salah satu dari lima basis manufaktur vaksin Covid-19 terbesar di dunia pada tahun 2025, kata Presiden Moon Jae-in, Kamis (5/8/2021).

Pernyataan itu dibuat pada pertemuan komite publik-swasta yang dibuat untuk mengeksplorasi cara-cara untuk meningkatkan produksi vaksin di tengah kekurangan pasokan global dan penundaan pengiriman, kata kantor Moon.

Moon mengatakan dia akan menetapkan vaksin Covid-19 sebagai salah satu dari tiga teknologi strategis nasional, bersama dengan semikonduktor dan baterai, yang bertujuan untuk meningkatkan investasi, memberikan keringanan pajak, dan menawarkan insentif lain untuk membantu perusahaan melokalisasi bahan, suku cadang, dan peralatan.

“Kami akan berusaha untuk mengambil lompatan ke depan untuk menjadi salah satu dari lima produsen vaksin global teratas pada tahun 2025,” kata Moon dalam pertemuan tersebut.

BACA JUGA:

Proyek ini bertujuan untuk memelihara sekitar 200 ilmuwan medis baru, 10.000 profesional uji klinis dan 2.000 pekerja produksi bio setiap tahun, katanya.

Menteri Kesehatan Kwon Deok-cheol mengatakan dana tersebut juga akan digunakan untuk mendukung pengembangan vaksin buatan sendiri, termasuk mengamankan teknologi asli untuk produk mRNA.

Tujuh pembuat obat lokal akan meluncurkan fase ketiga uji klinis masing-masing pada paruh kedua tahun ini, dimulai dengan SK Bioscience (302440.KS) pada bulan Agustus, kata Kwon.

“Saat ini kandidat terdepan adalah vaksin berbasis protein (SK Bioscience), yang akan kami distribusikan untuk penggunaan umum awal tahun depan,” kata Kwon dalam briefing.

“Perusahaan lokal juga membentuk konsorsium vaksin mRNA pada Juni, dengan tujuan mengembangkan vaksin Korea pada akhir tahun depan.”

Moon menambahkan dia sedang berusaha untuk memperluas kerja sama internasional dengan menjalin kemitraan vaksin dengan Jerman, Inggris, dan negara-negara lain, serta membawa [masuk] investasi dan perusahaan asing.

Dia dan Presiden AS Joe Biden sepakat untuk mencapai kemitraan yang memadukan keahlian vaksin AS dan kapasitas produksi Korea pada pertemuan puncak mereka pada bulan Mei. Baca selengkapnya

Panel tersebut mencakup pakar medis dan vaksin, pemodal ventura dan produsen obat, termasuk SK Bioscience, Samsung Biologics (207940.KS) , ST Pharm (237690.KQ) dan Ecell.

Moon telah menjadikan penggerak produksi vaksin sebagai prioritas utama untuk sisa masa jabatannya, yang akan berakhir pada Maret 2022, menghadapi tekanan di dalam negeri atas gelombang keempat Covid-19 dan kampanye imunisasi yang melambat.

Sekitar 39,6% dari 52 juta penduduk negara itu telah menerima setidaknya satu suntikan pada Rabu, dibandingkan dengan lebih dari 70% di negara-negara kaya lainnya seperti Singapura dan Inggris.

Menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), sekitar 14,4% orang Korea telah divaksinasi penuh.

Korea Selatan bertujuan untuk meningkatkan jumlahnya menjadi 70%, atau sekitar 36 juta, pada bulan September.

KDCA melaporkan 1.776 kasus untuk hari Rabu, karena jumlah harian melonjak meskipun pembatasan jarak terberat untuk meredam virus di tengah liburan musim panas dan munculnya varian Delta yang lebih menular.

Total infeksi di Korea Selatan naik menjadi 205.702, dengan 2.109 kematian.(*)

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Reuters

Korea Selatan, Investasi, Vaksin,, Covid-19, Manufaktur, Moon Jae-in, Joe Biden  

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER