G7 Tuding Iran Berada di Balik Serangan Terhadap Kapal Tanker Mercer Street

Citra satelit menunjukkan Mercer Street Tanker yang rusak ditambatkan di lepas pantai Fujairah, Uni Emirat Arab, pada 4 Agustus 2021. (Foto: Hak cipta citra satelit 2021 Maxar Technologies/Handout via REUTERS via CNA)
Citra satelit menunjukkan Mercer Street Tanker yang rusak ditambatkan di lepas pantai Fujairah, Uni Emirat Arab, pada 4 Agustus 2021. (Foto: Hak cipta citra satelit 2021 Maxar Technologies/Handout via REUTERS via CNA)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

LONDON, SURYAKEPRI.COM – Para menteri luar negeri dari kelompok ekonomi kaya (G7) menuding Iran telah mengancam perdamaian dan keamanan internasional karena berada di balik seangan terhadap kapal tanker Mercer Street, pekan lalu.

“Semua bukti yang ada dengan jelas menunjuk ke Iran. Tidak ada pembenaran untuk serangan ini,” kata pernyataan yang dikeluarkan oleh ketua G7 saat ini, Inggris.

Kapal itu adalah kapal tanker produk minyak milik Jepang berbendera Liberia yang dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel.

Teheran membantah terlibat dalam dugaan serangan pesawat tak berawak di mana dua orang awak – seorang Inggris dan seorang Rumania – tewas.

Dalam pernyataan terpisah, militer AS mengatakan para ahli bahan peledak dari kapal induk Ronald Reagan – yang dikerahkan untuk membantu Mercer Street – menyimpulkan bahwa pesawat tak berawak itu diproduksi di Iran.

BACA JUGA:

Dikatakan para ahli bahan peledak dapat menemukan beberapa bagian dari drone, termasuk bagian dari sayap dan komponen internal yang dikatakan hampir identik dengan sampel drone serangan Iran yang dikumpulkan sebelumnya.

Militer AS juga menyatakan bahwa serangan itu mungkin telah diluncurkan dari pantai Iran, mengatakan jarak ke lokasi serangan “berada dalam jangkauan serangan satu arah Iran yang didokumentasikan”.

“Beberapa bahan dipindahkan ke markas Armada Kelima AS di Manama, Bahrain dan kemudian ke laboratorium nasional AS untuk pengujian dan verifikasi lebih lanjut,” kata pernyataan Komando Pusat, yang mengawasi pasukan AS di wilayah tersebut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.