Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaNasionalPresiden Jokowi: Aturan yang Menghambat Perizinan Berusaha akan Terus Kita Pangkas

Presiden Jokowi: Aturan yang Menghambat Perizinan Berusaha akan Terus Kita Pangkas

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan aturan yang menghambat perizinan untuk dipangkas di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Jokowi juga akan terus mempermudah layanan investasi.

“Pandemi tidak boleh menghentikan upaya kita untuk melakukan reformasi struktural, berbagai agenda reformasi struktural terus akan kita lanjutkan. Aturan yang menghambat kemudahan berusaha akan terus kita pangkas, prosedur berusaha dan investasi juga akan terus kita permudah,” katanya saat peluncuran sistem online single submission OSS berbasis risiko secara virtual, Senin (9/8).

.Baca : BP Batam Jamin Kemudahan Investasi di Batam

.Baca : Covid-19 Melonjak di Luar Jawa-Bali, Presiden Jokowi Perintahkan Isolasi Terpusat, Kerahkan TNI-Polri

Jokowi ingin iklim usaha di Indonesia berubah semakin kondusif, serta memudahkan usaha mikro, kecil, menengah untuk memulai usaha.

“Meningkatkan kepercayaan investor untuk membuka lapangan kerja sebanyak banyaknya sehingga menjadi solusi atas persoalan pengangguran yang bertambah akibat dampak pandemi,” ucapnya.

Menurutnya, dalam laporan bank dunia tahun 2020 RI masuk peringkat ke 73 dari 190 negara dalam kemudahan berusaha. Artinya, peringkat tersebut sudah termasuk masuk kategori mudah dalam perizinan berusaha.

“Tapi kategori itu belum cukup. Kita harus mampu meningkatkan lagi, dari mudah menjadi sangat mudah, itu target kita. Kuncinya ada di reformasi perizinan, perizinan berusaha yang terintegrasi, yang cepat dan yang sederhana, menjadi instrumen yang menentukan daya saing kita untuk menarik investasi,” pungkasnya.(*)

Sumber:Merdeka.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER