Rafiq Tepati Janji Tes Rapid Antigen di Tempat Umum, 4 Pengunjung Positif Langsung Dikarantina

Penulis: Rachta Yahya/ Editor: Redaksi

Seorang pengunjung kafe di Karimun tengah menjalani tes rapid antigen secara acak. Foto Suryakepri.com/YAHYA

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Bupati Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) Aunur Rafiq akhirnya menggelar juga tes rapid antigen di tempat-tempat umum dan pusat keramaian seperti kafe dan warung kopi.

Dalam razia yang digelar di 3 lokasi yakni Batam Bakeri, Nagoya Food Court, Es Durian PN, dan kawasan Costal Area dari 70 orang yang di rapid antigen dan 4 orang hasil dinyatakan positif Covid-19 .

Keempatnya langsung dibawa ke pusat karantina terpadu di SMK Negeri 1 Karimun, Sei Bati, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing untuk dilakukan penanganan lebih lanjut seperti tes PCR.

Baca juga: Mahasiswa UGM Gagas Pengembangan Kemasan Makanan Dari Rumput Laut Pengganti Styrofoam

Operasi tersebut langsung dipimpin Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Rafiq menyebut razia tidak hanya fokus kepada pengunjung kafe atau warung kopi tapi juga menyasar pengemudi dan pengendara motor yang tidak mengenakan masker.

“Kami juga merazia pengendara yang tidak memakai masker, kemudian dilakukan tes rapid antigen secara acak,” ujar Aunur Rafiq.

Dalam kesempatan itu, tim juga meninjau salah satu rumah dari 45 rumah yang menjalani isolasi mandiri di Kecamatan Karimun.

Penghuni rumah tersebut telah melaksanakan isoman selama 5 hari pasca hasil PCR menyatakan mereka positif.

Baca juga: Brunei Laporkan Kasus Penularan Lokal Corona Pertama Dalam Setahun Lebih

“Kondisi masyarakat tersebut dalam keadaan sehat. Kita masih menunggu 5 hari lagi dan kita akan lakukan rapid antigen sambil menunggu 14 hari ke depan, mudah-mudahan keluarga tersebut sehat,” terang Rafiq.