Walter Yetnikoff, Pria yang Orbitkan Michael Jackson, Meninggal Dunia

Walter Yetnikoff bersama Michael Jackson. (Foto: Twitter Michael Jackson)
Walter Yetnikoff bersama Michael Jackson. (Foto: Twitter Michael Jackson)

NEW YORK, SURYAKEPRI.COM – Walter Yetnikoff, eksekutif label yang mengorbitkan Michael Jackson, meninggal dunia pada usia 87 tahun, Selasa (10/8/2021) karena kanker prostat/kandung kemih.

Mantan presiden CBS Records itu juga merupakan sosok penting di balik kesuksesan Bruce Springsteen, Barbra Streisand, Pink Floyd, Paul McCartney, Stevie Wonder, dan banyak lagi

Tetapi kepemimpinannya atas Michael Jackson yang menghasilkan kesuksesan terbesar, setelah dia – awalnya dengan enggan – mengurus penandatanganan Jackson 5 dari Motown Records pada tahun 1975.

Yetnikoff mengizinkan Michael untuk mulai merekam musik solonya, yang mengarah ke serangkaian hit solo, termasuk album terlaris sepanjang masa, Thriller.

Yetnikoff melobi agar single Billie Jean diputar di MTV, mengancam akan menarik sisa daftarnya dari saluran musik itu jika mereka tidak menyetujuinya.

BACA JUGA:

Pengelola Michael Jackson Estate telah memberikan penghormatan atas usaha Yetnikoff  setelah kematiannya, dengan menulis di Twitter: “RIP Walter Yetnikoff, seorang titan dalam bisnis musik. Teman Michael, pendukung kepercayaan dan tak tergoyahkan, Walter menggunakan pengaruhnya sebagai kepala CBS Records untuk membantu Michael menghancurkan penghalang ras MTV dengan memaksa jaringan untuk memutar film pendek ikonik “Billie Jean”.”

“Dalam waktu singkat, Billie Jean ditambahkan ke MTV dalam rotasi berat, membuka pintu air untuk kesuksesan luar biasa Michael dan juga untuk seluruh generasi seniman kulit hitam. Walter memaksa itu terjadi, dan dengan keputusan itu, tembok itu runtuh.”

Pada penghargaan Grammy 1984, Jackson memuji Yetnikoff sebagai “presiden terbaik dari perusahaan rekaman mana pun”.

Lahir di Brooklyn pada tahun 1933, Yetnikoff belajar hukum di universitas dan bergabung dengan CBS sebagai pengacara pada tahun 1962, setelah bertugas di tentara AS pada pertengahan 1950-an.

Dia naik pangkat, menjadi presiden internasional label itu pada tahun 1971 dan presiden dan kepala eksekutif seluruh perusahaan pada tahun 1975.