Lima Mahasiswa Unair Modifikasi Filter Rokok untuk Kurangi Kerusakan Paru-paru

Editor : Sudianto Pane

Ketua Tim Muhammad Fahroji (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Ketua Tim Muhammad Fahroji (Foto: Esti Widiyana/detikcom)

SURYAKEPRI.COM – Lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) memodifikasi filter rokok yang diberi nama Nano Enzyme-Carbon Filter.

Modifikasi filter ini  fungsinya untuk mengurangi dampak buruk dari asap rokok yang dapat membuat orang terkena penyakit serius hingga kematian.

Lima mahasiswa itu yakni Muhammad Fahroji, Muhamad Faqih, Widyah Puspitasari, Izza Nur Ilmiyah dari Fakultas Sains dan Teknologi 2018 dan Kamailiyah Ulfah dari Fakultas Kedokteran Hewan 2017.

Berkat inovasi itu, tim PKM yang lolos dalam tahap pendanaan dari Kemdikbud Ristek-dikti RI ini menyadari, bahwa banyak masyarakat yang tidak terpengaruh oleh kampanye dan dampak nyata mengenai bahaya rokok dan menjadi penyebab kematian di Indonesia.

.Baca : RAMALAN ZODIAK BESOK SENIN 16 AGUSTUS 2021: Aries Jangan Cuma khawatir Tapi Kerjakanlah, Cancer Diminta Sabar, Naluri Aquarius Memang Oke

“Jadi ini merupakan salah satu bentuk usaha kami sebagai peneliti muda, untuk mengurangi risiko penyakit yang ditimbulkan akibat rokok,” kata Ketua Tim, Muhammad Fahroji, Minggu (15/8/2021).

Umumnya, filter bawaan pada rokok terbuat dari Selulosa Asetat yang dapat menyaring zat seperti Tar dan Nikotin. Dengan komposisi berbeda, filter rokok besutan 5 mahasiswa yang tergabung dalam Tim PKM RE (Riset Eksakta) Unair ini diharapkan dapat bekerja secara lebih baik.