Friday, April 19, 2024
HomeLainnyaInternasionalANALISIS: Bukan Mustahil Taliban Akan Berhadapan dengan Gerilyawan Islam Lainnya

ANALISIS: Bukan Mustahil Taliban Akan Berhadapan dengan Gerilyawan Islam Lainnya

Rezim Taliban mungkin akan menghadapi musuh seperti pendukung ISIS, yang melihat penguasa baru sebagai aksi jual beli. 

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Saat ini Taliban telah berkuasa di Afghanistan, tetapi mungkin suatu ketika menemukan diri mereka memerangi gerilyawan Islam. Mereka bisa saja akan berhadapan dengan kelompok lain seperti ISIL/ISIS.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan AS akan mempertahankan kemampuan kontra-terorisme “di cakrawala” untuk menetralisir ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok-kelompok ekstremis Islam di Afghanistan.

Tanpa pasukan di lapangan, tidak ada operasi pengumpulan intelijen di negara ini dan tidak ada sekutu dengan perbatasan bersama, upaya jangka panjang semacam ini untuk menghentikan plot yang menargetkan Barat tidak akan mudah – dan menjadi jauh lebih sulit dengan jangkauan serangan. organisasi yang berbasis di wilayah yang sekarang secara nominal di bawah kendali Taliban.

Apa yang lebih dibutuhkan oleh kelompok ekstremis kekerasan lebih dari apa pun adalah lokasi yang aman di mana ia dapat merencanakan, mengatur, merekrut, menyusun strategi, dan mengumpulkan sumber daya.

Tanpa ini, hanya sedikit pemberontak dan teroris yang bertahan, apalagi berhasil.

BACA JUGA:

Pakistan memberikan ini kepada Taliban, sangat membantu kampanye 20 tahun mereka yang berakhir dengan kemenangan minggu ini.

Al-Qaida memilikinya dari tahun 1996-2001 – dan prospek kehilangan tempat berlindung yang ditawarkan Afghanistan yang menyebabkan banyak pemimpin paling seniornya menentang rencana Osama bin Laden untuk meluncurkan serangan 9/11 di AS.

Al-Qaida terpaksa melarikan diri dari Afghanistan setelah perang tahun 2001, tetapi perlahan-lahan kembali.

Mereka tidak memiliki infrastruktur yang luas seperti 20 tahun yang lalu ketika menjalankan selusin kamp pelatihan.

Sebaliknya, 200-500 pejuangnya tersebar di sebagian besar negara. Banyak dari mereka berasal dari al-Qaida di Asia Selatan, sebuah afiliasi yang didirikan dengan rekrutmen Pakistan, India, dan Bangladesh pada tahun 2014 untuk memajukan tujuan organisasi di wilayah tersebut.

Dinas intelijen mengatakan kepada PBB bahwa lainnya telah berjuang bersama Taliban, dengan siapa mereka memiliki “hubungan dekat”, Ayman al-Zawahiri, pemimpin organisasi saat ini, telah menghindari serangan jarak jauh terhadap barat sejak mengambil alih pada 2011 untuk fokus membangun kehadiran akar rumput di tempat-tempat seperti Sahel, Somalia, Yaman dan, dengan keberhasilan terbatas, Suriah. Tapi ini bisa berubah.

Mungkin karakter paling buruk di Star Wars bagi para ekstremis yang telah menjadi Afghanistan adalah “Provinsi Khorasan” ISIS, sebuah faksi yang telah mengadopsi nama bersejarah untuk petak tanah yang membentang dari Iran ke Himalaya barat.

Faksi ini didirikan pada 2015 ketika ISIS berusaha memperluas jangkauan teritorialnya dari jantungnya di Irak dan Suriah lebih jauh ke timur.

Upaya tersebut belum bernasib baik. Taliban menentang ekspansi ini dan melawan ISKP. Begitu juga al-Qaida, pasukan pemerintah Afghanistan dan AS.

Tidak mengherankan, usaha baru layu di bawah daya tembak gabungan diarahkan melawannya dan keuntungan awal dengan cepat terbalik.

Namun dalam beberapa bulan terakhir ISKP tampaknya mendapat angin kedua, melakukan serangkaian operasi mematikan dengan kebrutalan khasnya.

Selama empat bulan pertama tahun 2021, Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) mencatat 77 serangan yang diklaim atau dipersalahkan oleh ISKP. Ini telah menargetkan target adat kelompok: Muslim Syiah, perempuan dan orang asing, serta infrastruktur sipil dan personel militer.

Tidak seperti al-Qaida, kelompok tersebut tetap sangat berkomitmen untuk melakukan serangan jarak jauh terhadap “musuh jauh” di barat, dan ini kemungkinan akan menjadi lebih menjadi prioritas sekarang karena “musuh dekat” langsung – pemerintah di Kabul dan pelindung AS-nya – telah hilang.

Taliban mungkin mencoba untuk mencegah operasi semacam itu tetapi tidak akan dapat mengawasi setiap sudut negara yang luas dan kasar itu, terutama karena sebagian besar wilayah itu sebenarnya diperintah oleh pialang kekuasaan lokal yang membuat keputusan sendiri tentang siapa yang melakukan apa dan di mana.

Lalu ada sejumlah faksi militan Islam lainnya, yang tidak satu pun dari mereka sendiri yang menimbulkan ancaman besar tetapi aktivitasnya dapat semakin mengacaukan kawasan itu, atau setidaknya memfasilitasi serangan oleh kelompok lain atau bahkan aktor tunggal. PBB yakin ada antara 8.000 dan 10.000 orang asing yang saat ini memanggul senjata di Afghanistan.

Banyak pelaku serangan teroris di Eropa dan di tempat lain dalam beberapa dekade terakhir melakukan perjalanan ke Pakistan untuk menerima pelatihan.

Ini sering merupakan langkah penting, bukan untuk pengetahuan yang diberikan tetapi untuk penguatan radikalisme yang dibawa oleh pengalaman.

Taliban telah mencoba untuk setidaknya mengatur, jika tidak membatasi, kehadiran apa yang disebut “pejuang asing” tetapi tidak mungkin dapat mencegah semua kunjungan semacam itu.

Meskipun Taliban telah membawa sisa-sisa sebagian besar kelompok ekstremis Islam Asia tengah yang berbasis di utara Afghanistan di bawah otoritas mereka, bahkan dilaporkan mengerahkan beberapa untuk menjaga pos perbatasan, Gerakan Islam Turkistan Timur, yang terdiri dari buronan Uyghur dari barat daya China, yang bertujuan untuk melawan penindasan Beijing terhadap budaya dan keyakinan mereka di sana, lebih mampu dan aktif.

Yang paling memprihatinkan mungkin adalah campuran kompleks faksi-faksi Pakistan yang berbasis di Afghanistan timur. Ini hampir seluruhnya terfokus pada pertempuran lokal, tetapi TTP, atau Taliban Pakistan, memiliki sejarah panjang kekerasan brutal.

Demikian juga kelompok-kelompok ekstremis lain yang telah bermigrasi dari Pakistan melintasi perbatasan.

Semua kelompok ini mengikuti ideologi ekstremis yang dikenal oleh para analis sebagai “jihadi Salafisme”, sebuah perpaduan dari aliran ultra-konservatif Islam Sunni yang dipraktikkan di Teluk dengan keyakinan yang lebih baru dan radikal bahwa adalah tugas setiap Muslim untuk berperang secara individu maupun kelompok atau secara kolektif melawan “tirani”, di mana pun itu ditemukan.

Pemikiran seperti ini sangat kontras dengan tradisi masyarakat lama tentang ketaatan Islam di Afghanistan dan bahkan dengan sekolah reaksioner yang diikuti oleh Taliban.

Pengamat mengatakan keberhasilan ISIS di Suriah dan Irak, bahkan jika kekhalifahan berakhir dengan darah dan kegagalan, telah mengilhami beberapa pemuda Afghanistan menyebarkan Salafisme jihad lebih jauh.

Jika demikian, Taliban yang berkuasa mungkin mendapati diri mereka memerangi pemberontakan yang akan melawan mereka, yang tidak terdiri dari mereka yang setia kepada pemerintah yang didukung AS sebelumnya, tetapi mereka yang melihat penguasa baru sebagai aksi jual beli.(*)

Penulis: Jason Burke/Guardian | Editor: Eddy Mesakh

Taliban, Kebijakan Luar Negeri AS, Joe Biden,  Afganistan, Al-Qaidah, Asia Selatan, Asia Tengah, ISIS, Pemberontakan  

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER