OPINI: Perang Vaksin Tiga Adidaya di Asia Tenggara, Kenapa Sputnik V Rusia Kedodoran?

Seorang petugas kesehatan menunjukkan dosis vaksin Sputnik-V terhadap Covid-19, 11 Agustus 2021. (Foto: JORGE BERNAL, AFP)
Seorang petugas kesehatan menunjukkan dosis vaksin Sputnik-V terhadap Covid-19, 11 Agustus 2021. (Foto: JORGE BERNAL, AFP)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Untuk negara yang pertama kali tersingkir dari blok, Rusia memiliki jalan panjang jika ingin mengejar ketinggalan dari China dan Amerika Serikat (AS) dalam permainan diplomasi vaksin.

Demikian tulis Ian Storey yang dipublikasikan oleh ISEAS-Yusof Ishak Institue, Senin 16 Agustus 2021, yang dikutip Channel News Asia, Senin (23/8/2021).

Ketika China dan AS saling bertikai di Laut China Selatan, dan infeksi virus corona melonjak di seluruh kawasan, Asia Tenggara sekarang memiliki perbedaan yang meragukan sebagai pusat persaingan kekuatan besar dan pandemi Covid-19.

Tidak mengherankan, para kontestan dalam permainan kekuatan geopolitik ini telah menggunakan diplomasi vaksin untuk mencetak poin satu sama lain.

Protagonis utama, tentu saja, Amerika Serikat dan China. Perang kata-kata telah meletus di antara mereka atas kemanjuran vaksin masing-masing dan negara mana yang lebih murah hati terhadap Asia Tenggara.

BACA JUGA:

Terlambat dari blok awal, Amerika tampaknya telah memimpin: Vaksin mRNA mutakhirnya tampaknya lebih efektif melawan varian Delta yang lebih menular daripada vaksin in-aktif China seperti Sinovac dan Sinopharm.

Dan sementara Beijing membanggakan telah mengirimkan lebih banyak vaksin ke Asia Tenggara daripada Amerika (190 juta dosis versus 20 juta), Washington telah menunjukkan bahwa sebagian besar dosisnya telah diberikan secara gratis.

Pemain lain dalam permainan diplomasi vaksin Asia Tenggara adalah Rusia. Ia menganggap dirinya sebagai kekuatan besar dan telah mencoba untuk meningkatkan permainannya di wilayah tersebut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.