Scan Bukti PCR dan Antigen di Bandara RHF Tanjungpinang Mulai Berlaku

Editor : Sudianto Pane

Bandara RHF Tanjungpinang
Bandara RHF Tanjungpinang
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF)  Tanjungpinang siapkan lima alat scan barcode Aplikasi Pedulilindungi untuk pemeriksaan bukti PCR atau test rapid antigen bagi calon penumpang pesawat.

Peralihan ke sistem digital untuk pemeriksaan syarat perjalanan itu mulai efektif dilaksanakan di semua bandara di Indonesia atas arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Eksekutif General Manager (EGM) RHF Tanjungpinang, Ngatimin K Murtono menjelaskan sebenarnya sejak awal Agustus 2021 pihaknya sudah siap menerapkan sistem digital untuk pemeriksaan PCR atau antigen untuk calon penumpang, cuma belum bisa dilaksanakan karena pihak rumah sakit belum siap. Hal itu karena masih kekurangan tenaga untuk menginput data orang yang diperiksa ke aplikasi.

.Baca : Presiden Jokowi Perintahkan Biaya Tes PCR Turun Jadi Rp 450-550 Ribu

.Baca : DPR Minta Polisi Mengawasi Implementasi Penurunan Batas Tarif RT-PCR

“Kita memang sudah ready duluan, kita sudah siap sejak lama, ada lima barcode scaner,” kata Ngatimin akrab disapa Armin, Minggu (22/8/2021).

Namun bagi calon penumpang pesawat yang sudah melakukan pemeriksaan di tempat yang sudah terkoneksi aplikasi namum tidak terbaca saat scanner akan dilakukan verifikasi manual oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang.

“Jika belum terkoneksi ke PeduliLindung maka akan keluar pemberitahuan belum layak terbang. Sebaliknya, jika terdaftar maka akan ada pemberitahuan layak terbang,” ucap dia.

Armin menyebut, meski resmi diberlakukan mulai 23 Agustus 2021, pemeriksaan secara manual tetap akan diberlakukan karena diprediksi akan terjadi kendala dengan aplikasi yang digunakan.

Pada keberangkatan Jumat (20/8) kemarin yang dinyatakan layak terbang oleh aplikasi hanya 76 orang dari total 121 calon penumpang, namun sisanya sebanyak 45 orang diperiksa secara manual.

“Sisanya 45 orang penumpang itu, bukan tidak boleh terbang, tapi diverifikasi secara manual,” ungkapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.