Kabupaten Lingga Resmi Miliki Alat PCR Covid-19

Editor : Sudianto Pane

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Abdul Mulkan Azima
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Abdul Mulkan Azima
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

LINGGA, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kabupaten Lingga akhirnya memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menentukan seseorang tersebut positif atau negatif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Abdul Mulkan Azima, bahwa untuk alat PCR tersebut sudah datang sejak satu bulan lalu.

“Namun untuk pengoperasian alat tersebut masih belum. Sebab alat tersebut harus di rakit terlebih dahulu oleh tim teknis dari kota Batam dan kita masih menunggu,” kata Mulkan, Rabu (25/08/2021).

Dijelaskan Mulkan, selain itu pihaknya juga harus mempersiapkan SDM untuk pengoperasian alat tersebut dan mereka harus dilatih terlebih dahulu.

.Baca : Presiden Jokowi Perintahkan Biaya Tes PCR Turun Jadi Rp 450-550 Ribu

.Baca : Syarat Ikut Ujian CPNS 2021: Wajib Tes Swab PCR atau Antigen 

“Kemudian melatih tenaga kesehatan untuk mengoperasikan alat PCR tersebut, khususnya tenaga labor,” jelas Mulkan.

Lalu, pihaknya harus mempersiapkan administrasinya dan untuk penanggungjawabnya dari dokter spesialis Patologi.

“Sementara dokter spesialis patologi kita tidak ada maka kita bekerjasama dengan Batam, untuk dokter patologinya, sehingga hasil PCR kita diakui,” bebernya

Alat tersebut nantinya akan diletakkan di RSUD Encik Mariam. Sebab pihak RSUD Encik Mariam sudah siap dan alatnya hampir lengkap.

“Sementara untuk di RSUD Dabo Singkep alat pendukungnya belum lengkap. Jadi kalau kita menunggu lengkap justru makin lama,” ujarnya

Untuk di RSUD Dabo Singkep pihaknya sedang mengusulkan ke Kementerian Kesehatan. “Insyaallah untuk dabo ada dan kita menunggu dari Kemenkes,” katanya

.Baca : Bupati Lingga Bersama Dinas Perkim Provinsi Kepri Bahas Rencana Rehab Perumahan Suku Laut

Mulkan mengatakan bahwa pihaknya akan mengusahakan secepatnya alat PCR tersebut dapat digunakan.

“Kami tidak dapat memastikan kapan alat tersebut dapat digunakan. Namun kami berupaya semaksimal mungkin secepatnya alat PCR tersebut bisa digunakan,” tutupnya.(*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.