Alat RT-PCR di Kabupaten Lingga akan Segera Digunakan

Editor : Sudianto Pane

Foto ist
Foto ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

LINGGA, SURYAKEPRI.COM – Satu unit Mesin real time polymerase chain reaction (RT-PCR) akan segera dioperasikan RSUD Encik Maryam, Daik Lingga. Hal tersebut disampaikan langsung, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga, Mulkan Azima, Minggu (29/08/2021).

“Awal peruntukan mesin ini untuk RSUD Dabo, karena setelah kami cek tetapi belum siap untuk alat-alat pendukungnya, oleh karena itu kita coba tawarkan ke RSUD Encik Maryam. Disini lengkap, insyaallah rumah sakit ini siap,” kata dia yang langsung menyampaikan ke Bupati Lingga, saat penyerahan mobil ambulance di Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Jum’at (27/08/2021) lalu.

Kemudian untuk pengoperasiannya, pihaknya masih harus memasang dua alat yang dipesan di Bandung. Dan dalam waktu dekat ini, kata Mulkan mesin RT-PCR akan didistribusikan ke RSUD Encik Maryam.

.Baca : Kabupaten Lingga Resmi Miliki Alat PCR Covid-19

.Baca : Pemkab Lingga Serahkan 2 Unit Ambulance untuk Operasional ke Puskesmas Resang dan Lanjut

“Mesin RT-PCR ini keberadaannya sudah hampir 2 bulan di kantor kita. Karena memang ini tidak bisa langsung dipakai tetapi butuh alat pendukung lainnya,” jelas dia.

Sementara untuk RSUD Dabo, pihak dinas sudah mengusulkan satu unit mesin RT-PCR ke Kementerian Kesehatan, yang semula diperuntukkan untuk RSUD Encik Maryam.

“Dulunya memang mesin yang diusulkan ini bakal ditempatkan di RSUD Encik Maryam. Karena hal tadi jadi diputarkan, atau dialihkan,” jelas dia.

Dia menargetkan minimal bulan depan, mesin RT-PCR sudah mulai dirakit oleh tim teknisi dan dapat segera dioperasikan di RSUD Encik Maryam. Dia juga meminta pihak rumah sakit agar segera menyiapkan admistrasi pendukungnya, sepey izin, dan seorang operator yang terlatih.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.