Skandal Theranos: Siapa Elizabeth Holmes dan Mengapa Dia Diadili?

Elizabeth Holmes, pendiri Theranos. (BBC)
Elizabeth Holmes, pendiri Theranos. (BBC)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Dia adalah “miliarder wanita termuda di dunia” yang disuarakan majalah Forbes. “Steve Jobs berikutnya”, kata Inc., majalah bisnis lain yang menempatkannya di sampul.

Pada tahun 2014, Elizabeth Holmes, yang saat itu berusia 30 tahun, berada di puncak dunia. Seorang drop-out Universitas Stanford, dia telah mendirikan sebuah perusahaan senilai US$ 9 miliar karena dianggap membawa revolusi dalam mendiagnosis penyakit.

Dengan beberapa tetes darah, Theranos berjanji bahwa tes Edison-nya dapat mendeteksi kondisi seperti kanker dan diabetes dengan cepat tanpa perlu repot dengan jarum suntik. Para petinggi dari Henry Kissinger hingga Rupert Murdoch pun berinvestasi di perusahaan rintisan tersebut.

Tetapi pada tahun 2015, jahitannya terlepas, dan dalam setahun, Elizabeth Holmes terungkap sebagai palsu. Teknologi yang dia gembar-gemborkan tidak berfungsi sama sekali, dan pada 2018 perusahaan yang dia dirikan runtuh!

BACA JUGA:

Holmes, sekarang 37 tahun, menghadapi ancaman hingga 20 tahun penjara jika dinyatakan bersalah atas 12 tuduhan penipuan.

Persidangannya yang dimulai bulan depan, AS v Elizabeth Holmes, dkk, akan dikawal dengan ketat dan dia diperkirakan akan menyatakan tidak bersalah.

Dan dalam putaran, muncul akhir pekan ini bahwa pengacaranya akan berargumen bahwa mantan pacar dan mitra bisnisnya, Manesh “Sunny” Balwani, melakukan pelecehan seksual terhadap kliennya dan mengendalikan emosinya pada saat dugaan kejahatan. Itu telah  merusak kondisi mentalnya.

Balwani (56), yang menghadapi tuduhan penipuan yang sama, menyebut klaim itu “keterlaluan”. Terserah juri untuk memutuskan dengan simpati atau kekerasan apa untuk menilai wanita yang membodohi semua orang, mulai dari negarawan hingga sekretaris.

Dimulainya Tekanan Tingg

Elizabeth Holmes, pendiri Theranos, akan menghadapi tuntutan di pengadilan karena kasus penipuan teknologi uji darah yang ternyata hoaks. (BBC)
Elizabeth Holmes, pendiri Theranos, akan menghadapi tuntutan di pengadilan karena kasus penipuan teknologi uji darah yang ternyata hoaks. (BBC)
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.