Balai Arkeologi Sumut Jalin Kerjasama dengan Pemkab Lingga

Editor : Sudianto Pane

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

“Kami berkomitmen harus ada setiap tahun peneliti kami penelitian disini. Jadi tidak hanya dalam bentuk tesis tetapi disertasi. Sehingga informasi kesejarahan dapat dikemas lebih baik terutama dalam kepariwisataan,” jelas dia.

Dia juga berharap Bupati Lingga bisa hadir di Kantor Balai Arkeologi Sumatera Utara yang berada di Kota Medan. Bahkan berharap pemerintah daerah bisa membuat Peraturan Daerah (Perda) objek kepurbakalaan, agar bisa aman dalam pelestariannya.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar dalam hal ini menegaskan pemerintah daerah justru bersedia menerima tawaran baik itu.

Sebagai pusat tamadun Kesultanan Riau-Lingga, dan jalur perdagangan Lingga dimasa lalu, Nizar yakin banyaknya benda-benda sejarah yang belum terangkat.

Maka sangat perlu adanya komitmen bersama agar nilai-nilai budaya atau benda-benda bersejarah diangkat, misal dari yang terbenam dalam tanah, dasar laut atau bahkan nilai-nilai budaya yang terbenam karena dimakan waktu.

Saat ini, tim dari Balai Arkeologi Sumatera Utara sedang melakukan penelitian/observasi pada dua lokasi yakni perairan Desa Suak Buaya Kecamatan Posek, dan diperairan Batu Belubang Kecamatan Bakung Serumpun sejak tanggal 3 hingga 12 September mendatang.

.Baca : DPRD Lingga Sepakat Proyek jalan Tanjung Bungsu Dihentikan Sementara, Ini Penjelasan Wabup

“Ini jarang-jarang karena sudah ditawarkan dan kita dengan nilai sejarah cukup banyak maka hal tersebut perlu disambut dengan baik,” kata Nizar saat dikonfirmasi, Senin (06/09/2021).

Untuk menyakinkan bentuk kerjasama itu, Nizar telah meminta Dinas Kebudayaan untuk membuat komitmen bersama dengan pihak Balai Penelitian Sumatera Utara. Dan kemudian untuk dibicarakan lebih lanjut.

“Kalau untuk perdanya, akan kami bicarakan dulu dengan bagian hukum dalam bentuk apa atau bagaimana,” jelas dia.

Sumber:Infolingga.net

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.