Pemerintah Migrasi Sistem Aplikasi PeduliLindungi untuk Proteksi Data

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi
Ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah menghadirkan aplikasi PeduliLindungi yang bertujuan mengoptimalkan sistem data yang terintegrasi terkait penanganan Covid-19. Sejalan dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) serta vaksinasi, penggunaan PeduliLindungi disebut sebagai upaya bersama untuk memproteksi diri.

Direktur Digital Business Telkom Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan, PeduliLindungi yang merupakan kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, PT Telkom Indonesia selaku operator telekomunikasi, serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah dikembangkan sejak awal 2020.

“Aplikasi ini akan makin efektif dan efisien jika makin banyak orang yang menggunakan, karena adanya fitur tracing yang bisa mendeteksi atau mengindentifikasi adanya orang dengan Covid-19 di lokasi tersebut,” ujar Fajrin.

.Baca : Pemberlakuan Aplikasi PeduliLindungi Saat Masuk Mall Di Beberapa Kota

Kemudian, pengguna baru akan diperbolehkan atau tidak diperbolehkan masuk ke fasilitas umum berdasarkan status tersebut, misalnya ke pusat perbelanjaan. Ketetapan tersebut disambut baik oleh Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, sebagai tambahan protokol kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Alphonzus mengimbau agar masyarakat yang ingin mengunjungi pusat perbelanjaan untuk mengunduh PeduliLindungi dan membuat akun pada aplikasi itu. Terlebih, saat ini 350 pusat perbelanjaan yang tergabung dalam APPBI telah memberlakukan ketentuan tersebut,

“Meskipun lolos screening wajib vaksinasi, tetapi kalau tidak lolos dari screening protokol kesehatan seperti tidak bermasker atau suhu tubuh tidak sesuai, maka tetap tidak diperbolehkan masuk,” kata Alphonzus.

Sementara, Tenaga Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa Devie Rahmawati mengungkapkan, data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa PeduliLindungi telah diunduh oleh lebih dari 39 juta orang, dan dimanfaatkan sebagai fungsi skrining di berbagai fasilitas umum.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.