Pemprov Kepri Harap UU Kepulauan Segera Disahkan

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi: Kepulauan (Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Provinsi Kepri mengharapkan agar Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan dapat segera disahkan.

Pasalnya, keberadaan RUU tersebut diharapkan dapat menyelesaikan masalah pemerataan pembangunan di daerah kepulauan di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad saat pertemuan bersama Pimpinan dan  Anggota  DPD RI  di Restoran Golden Prawn Bengkong Batam, Rabu (8/9) malam.

Baca juga: WADUH… Alarm Kebakaran Meraung-raung di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS

“RUU ini akan memberikan formula yang  adil untuk pembangunan, bagi daerah yang luas wilayahnya adalah lautan seperti Kepri,” ujat Ansar.

Menurut Ansar, Kepri sendiri memiliki lebih dari 2.408 pulau, dengan 22 pulau yang wilayahnya terluar dan berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Untuk 22 pulau terluar tersebut, Pemprov Kepri tengah mengusahakan pembuatan sertifikat nama atas pulau pulau tersebut.

“Dengan adanya RUU daerah Kepulauan tersebut dapat membantu Kepri membangun pulau pulau luar tersebut. Meski diakui, mengembangkan pulau pulau terluar tersebut bukan hal yang mudah. Terlebih bila dikaitkan dengan kebutuhan anggaran untuk pembiayaan,” ujar Ansar.

Baca juga: PBB: Afghanistan di Ambang Kemiskinan Universal

Ansar mengatakan, untuk itu sebagai daerah kepualauan, Kepri  sangat membutuhkan dukungan pusat, terkait pembagian dana bagi hasil dari pusat atas daerah kepulauan, tentunya dengan menghitung semua potensi  yang memang sebagiain besar wilayahnya adalah lautan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ansar juga meminta dukungan pembangunan jembatan Batam Bintan yang akan berfungsi menjadi penghubung kedua daerah yang secara wilayah menjadi sentra pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kepri.

Sementara Ketua Rombongan yang juga Pimpinan PPUU DPD RI Badikenita B.R. Sitepu mengatakan, begitu pentingnya RUU Daerah Kepulauan sebagai masa depan pembangunan Indonesia.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.