Bantu, Dukung dan Donasi, Laboratorium Biokesmas Provinsi NTT  

Para relawan di Laboratorium Biokesmas NTT. (Foto: http://biokesmasntt.com)
Para relawan di Laboratorium Biokesmas NTT. (Foto: http://biokesmasntt.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KUPANG, SURYAKEPRI.COM -Laboratorium Biokesmas Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan satu-satunya lab surveilans yang melakukan pemeriksaan sampel Covid-19 dengan metode pool test secara massal dan GRATIS.

Laboratorium ini lahir dari inisiasi masyarakat melalui Forum Academia NTT (FAN) didukung oleh pemerintah Provinsi NTT.

Secara resmi Lab Biokesmas NTT mulai beroperasi sejak 16 Oktober 2020. Sampai saat ini (09/11/2021) lab sudah memeriksa 15.360 spesimen sampel Covid-19.

Dengan pendekatan ini kita mampu menghambat menyebarnya varian delta yang dibawah pekerja migran yang pulang kampung, dengan cara ini pula, kami mampu mengontrol 8 SMA/SMK untuk belajar offline selama tiga bulan, tanpa ada penularan, atau terbentuknya cluster baru.

BACA JUGA:

Dengan cara ini kita bisa bergerak melakukan swab puluhan hingga ratusan orang dalam keluarga, komunitas, kantor, dan sekolah. Dengan cara ini para pelaku perjalan bisa bepergian dengan hasil tes PCR gratis.

Agenda pool test ini sudah dilakukan oleh tim Lab Biokesmas NTT, yaitu di antaranya dengan melaksanakan surveilans sekolah bebas Covid-19 untuk mendukung program sekolah tatap muka secara langsung.

Pelaksanaan program surveilans sekolah ini telah dilakukan pada 8 SMA/SMK di Kota Kupang melalui paket kegiatan Edukasi, Testing dan Pendampingan.

Hasil yang diperoleh adalah penyebaran kasus Covid-19 pada komunitas sekolah berhasil dicegah.

Dalam 3 bulan masa pelaksanaan sekolah tatap muka secara langsung tidak terbentuk cluster sekolah dan tidak terjadi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Fakta ini membuktikan bahwa surveilans merupakan ujung tombak pencegahan penyebaran Covid-19.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.