Matematika Buruk Tenggelamkan Kapal Kargo Golden Ray Bermuatan Ribuan Mobil

Kapal barang Korea Selatan, Golden Ray, memuat sekitar 4.200 mobil, dan insiden tersebut menyebabkan kerugian yang diperkirakan mencapai US$ 204 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun

Bangkai kapal Golden Ray sebagian masih berada di lokasi di perairan lepas negara bagian Georgia, AS. (Foto: AP via Sky News)
Bangkai kapal Golden Ray sebagian masih berada di lokasi di perairan lepas negara bagian Georgia, AS. (Foto: AP via Sky News)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kesalahan awak kapal dalam menghitung berat kargo kemungkinan besar menyebabkan tenggelamnya kapal kargo MV Golden Ray, yang memuat 4.200 mobil, terbalik di lepas pantai timur AS.

Kapal barang Korea Selatan, Golden Ray, terguling pada September 2019, dan bangkainya sebagian masih berada di perairan lepas negara bagian Georgia, AS.

Kapal itu dimuat dengan sekitar 4.200 mobil, dan laporan oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB ) memperkirakan insiden itu menyebabkan kerugian $ 204 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun.

BACA JUGA:

Penyelidikan oleh NTSB menggemakan apa yang dilakukan oleh seorang ahli dari US Coast Guard pada dengar pendapat publik tahun lalu – bahwa kapal tidak memiliki cukup air sebagai pemberat di bawah geladak.

Hal ini menyebabkan kapal sepanjang 199 meter menjadi sangat berat, dan terguling.

Kapal barang Korea Selatan itu memuat sekitar 4.200 mobil. (Foto: AP via Sky News)
Kapal barang Korea Selatan itu memuat sekitar 4.200 mobil. (Foto: AP via Sky News)

Dan situasinya diperparah oleh fakta bahwa sebuah pintu dibiarkan terbuka di dek bawah – memungkinkan air laut membanjiri kapal tersebut.

Beberapa anggota kru terdampar dan harus diselamatkan dari ruang mesin – meskipun seluruh kru akhirnya diselamatkan.

Kapal baru saja meninggalkan Pelabuhan Brunswick, dan berada 70 mil di lepas pantai ketika sistem manuvernya gagal.

Kesalahan dalam pemberat, sekitar 1.500 ton – kemungkinan besar karena kesalahan salah satu anggota senior kru.

“Chief officer membuat kesalahan dengan entri data level tangki pemberat ke komputer perhitungan stabilitas kapal,” kata laporan NTSB, “yang menyebabkan penentuan stabilitas kapal yang salah”.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.