Penurunan Drastis Kasus Corona Di Indonesia, Zona Merah Cuma Tersisa 1 Wilayah

Editor: Redaksi

Foto Ilustrasi virus corona(Shutterstock)
Foto Ilustrasi virus corona(Shutterstock)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Zona merah COVID-19 di Indonesia cuma tersisa satu wilayah. Belakangan, penurunan drastis Corona di Indonesia tak hanya terjadi pada angka positivity rate tetapi jumlah kasus aktif hingga keterisian tempat tidur rumah sakit.

Zona merah COVID-19 periode Juli hingga Agustus sempat melonjak menjadi lebih dari 200 wilayah, berkurang banyak menjelang akhir Agustus dengan mencatat 50-an kab/kota berisiko tinggi. Namun, di awal September pekan lalu, jumlahnya menurun drastis.

Baca juga: Black Box Rimbun Air Ditemukan dan 3 Jenazah Kru Pesawat Telah Dievakuasi

Zona merah Corona berkurang drastis

Per 5 September 2021, zona merah COVID-19 hanya tercatat 5 wilayah. Tersebar di Sulawesi Tengah, Papua, dan Aceh.

Kini berdasarkan catatan Satgas COVID-19 di 12 September hanya satu wilayah yang masuk zona merah COVID-19 yaitu Aceh, Kota Banda Aceh.

Gelombang ketiga

Meski begitu, juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan. Hal ini demi menghindari potensi terjadinya kembali lonjakan kasus seperti di bulan Juli.

“Kita harus waspada dan tetap disiplin protokol kesehatan agar kita tidak menyusul third wave atau lonjakan dalam beberapa bulan ke depan,” kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB pada Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Pengadilan Internasional Akan Menyelidiki Dugaan Pelanggaran HAM Yang Dilakukan Oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Varian baru Corona

Di tengah menurunnya kasus COVID-19, Indonesia tetap mewaspadai munculnya kasus varian baru seperti varian Mu hingga C.1.2. Bahkan, varian C.1.2 diprediksi bakal ‘seganas’ varian Delta lantaran memiliki jenis mutasi yang sama dengan variant of concern (VoC) seperti varian Alpha, varian Delta, varian Beta, dan varian Gamma.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.