Natuna Jadi Kawasan UNESCO Global Geopark, Bupati Harap Jadi Penguatan Strategis

Editor : Sudianto Pane

foto ist
foto ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

NATUNA, SURYAKEPRI.COM – Bupati  Natuna Wan Siswandi menghadiri kegiatan Diskusi Bersama Ketua Badan Pengelola Geopark Natuna, Muhammad Alim Sanjaya dalam kegiatan Signifikasi Pengakuan Status Geopark Natuna Sebagai UNESCO Global Geopark, Secara Virtual, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Natuna, 20/09/2021.

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan bahwa Natuna yang terletak di ujung utara Indonesia menyimpan beraneka ragam daya tarik berupa alam yang indah.

“Bongkahan batu-batu yang unik, gunung, bukit, air terjun,  budaya atau sejarah, terumbu karang, bahkan arkeologinya yang ada didasar laut, dan ttidak kalah menariknya juga keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna yang identik dengan kekah Natuna yang termasuk hewan endemik dan langka yang hanya ada di Natuna”. Ujar Wan Siswandi

.Baca : Gubernur Kepri Tawarkan Potensi Wisata Alif Stone Natuna

.Baca : Bakamla Pastikan Situasi Keamanan di Laut Natuna Kembali Terkendali

Selanjutnya Wan Siswandi menyampaikan bahwa “Adanya Keberadaan keanekaragaman geologi, Budaya dan Hayati tersebut terbukti bahwa Natuna memiliki potensi yang dapat dijadikan Geopark Nasional dan Global Geopark Network of UNESCO”.

“Berdasarkan hasil kegiatan inventarisasi keragaman geologi yang dilakukan oleh Pusat Survey Geologi badan Geologi Kementerian ESDM. Kepulauan Natuna tersusun setidaknya oleh 17 lokasi geodiversity diantaranya Pulau Setanau, Pulau Sabang Mawang, Pulau akar, Batubi, kelarik, Pian Padang, Setengar, Pulau Senua, Gunung Ranai, Tanjung Datuk, Senubing, Alif Stone Park, Pantai Batu Kasah, Tanjung Datuk, Gua dan Pantai Kamak, Bukit Kapur, Kelarik-Batubi dan Teluk Buton, berdasarkan standar dan juknis asesmen warisan geologi telah diidentifikasi sejumlah 8 lokasi yang memilki potensi warisan geologi meliputi, Pulau Setanau, Pulau Akar, Pulau Senoa, Tanjung Senubing, Batu Kasah, Gunung Ranai, Tanjung Datuk, Gua dan Pantai Kamak”. Jelasnya

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.