Pemkab Karimun Bentuk Dua OPD Baru

Penulis: Rachta Yahya/ Editor: Redaksi

Bupati Karimun Aunur Rafiq Foto Suryakepri.com/YAHYA
Bupati Karimun Aunur Rafiq Foto Suryakepri.com/YAHYA
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) berencana membentuk dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.

Rencana pembentukan dua OPD baru tersebut sudah disampaikan ke DPRD Karimun saat sidang Paripurna, Jumat (24/9/2021) sore.

Usulan pembentukan dua OPD baru itu kepada DPRD Karimun disampaikan langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Baca juga: BP Batam Raih Penghargaan Setoran Pajak Terbesar 2021

“Ada dua usulan OPD baru yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Tipe A dan Badan Penanggulangan Bencana, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tipe A,” ujar Rafiq ditemui usai sidang Paripurna DPRD Karimun, Jumat sore.

Selain dua OPD baru, Rafiq juga mengatakan pihaknya melakukan perubahan tata kelola atau nomenklatur pada 6 OPD yang sudah ada.

Keenam OPD tersebut antara lain Dinas Pendidikan Tipe A menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tipe A.

Baca juga: Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster ke Singapura

Kemudian Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tipe B berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tipe A.

Berikutnya Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan Tipe B menjadi Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Tipe B.

“Perumahan Rakyat yang sebelumnya di Dinas PUPR kini ditarik ke Dinas Perkim. Begitu juga dengan Dinas Pendidikan kini ditambah ada Kebudayaan,” kata Rafiq.

Selanjutnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tipe A menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tipe A. Satuan Pamong Praja memisahkan sub Pemadam Kebakaran gabung ke Badan Penanggulangan Bencana.

Baca juga: Terkait Kasus Huawei, Dua Warga Kanada yang Ditahan China Telah Dibebaskan

Terakhir Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Energi Sumber Daya Mineral Tipe A menjadi Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro dan Energi Sumber Daya Mineral Tipe A.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.