RISET CHINA: Covid-19 Diduga Mulai Menular pada September 2019 di AS 

Para peneliti China mengatakan bahwa untuk 12 negara bagian AS, kemungkinan tanggal infeksi pertama Covid-19 jatuh antara Agustus dan Oktober 2019. (Foto: AFP via Straits Times).
Para peneliti China mengatakan bahwa untuk 12 negara bagian AS, kemungkinan tanggal infeksi pertama Covid-19 jatuh antara Agustus dan Oktober 2019. (Foto: AFP via Straits Times).
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BEIJING, SURYAKEPRI.COM – Para peneliti Tiongkok mengatakan wabah Covid-19 kemungkinan dimulai dari Amerika Serikat (AS) sejak September 2019.

Para peneliti China itu menyatakan telah menemukan kemungkinan itu dengan menggunakan analisis big data bahwa pandemi Covid-19 di AS mungkin mulai menular pada September 2019, lebih awal dari tanggal yang diumumkan secara resmi dari kasus pertama yang dikonfirmasi.

Menurut sebuah artikel baru yang diterbitkan pada Rabu (22/9/2021) sebagai pracetak di ChinaXiv, serangkaian penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa AS, Spanyol, Prancis, Italia, Brasil, dan negara-negara lain telah menunjukkan tanda-tanda terkena virus sebelum wabahnya meledak di Wuhan, China, pada Desember 2019.

ChinaXiv adalah layanan penerbitan online yang dioperasikan oleh National Science Library, Chinese Academy of Sciences.

BACA JUGA:

Artikel berjudul “Dating The First Case Of Covid-19 Epidemic From A Probabilistic Perspective” menyarankan agar analisis kualitatif dan kuantitatif penyakit menular, yang dilakukan dengan menggabungkan model matematika dan teknologi kecerdasan buatan, dapat mengungkap hukum epidemi penyakit menular.

Berdasarkan data yang dipublikasikan, para peneliti membuat model yang dioptimalkan menggunakan model transmisi epidemi dan metode analisis big data, dan menyimpulkan tanggal kasus infeksi pertama di 12 negara bagian AS timur laut dan di Kota Wuhan dan Provinsi Zhejiang di China.

Hasilnya menunjukkan bahwa, untuk 12 negara bagian AS, kemungkinan tanggal infeksi pertama, dengan probabilitas 50 persen, sebagian besar jatuh antara Agustus dan Oktober 2019.

Sedangkan yang paling awal adalah 26 April 2019 di Rhode Island, dan yang terbaru adalah November 30, 2019 di Delaware.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.