Panen Perdana Ikan Lele, Wali Kota Tanjungpinang Pacu Peternak Kembangkan Inovasi

EDitor : Sudianto Pane

Foto ist
Foto ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Di masa pandemi Covid-19, membuat masyarakat terus melakukan inovasi dan berkreasi sebagai langkah upaya pemulihan ekonomi. Salah satu inovasi dan kreasi yang dilakukan adalah memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah menjadi tempat peternakan ikan lele.

Hal ini membuat Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP kagum saat melakukan panen perdana budidaya Ikan Lele milik salah satu warga Kelurahan Kampung Baru, Minggu (26/9).

Rahma dalam sambutannya menyampaikan rasa salut atas inovasi yang telah dikembangkan oleh salah satu warga Kelurahan Kampung Baru yaitu Bapak Bono, ia berharap segera dibentuk kelompok dasawisma agar dapat memberikan efek positif dari peternakan ikan lele ini.

.Baca : Petugas Rescue DPKP Tanjungpinang Dilatih Penanganan Hewan Liar

.Baca : Disdagin Tanjungpinang Jembatani Pelaku IKM Promosikan Produk di Swalayan

Menurutnya, ada tiga aspek penting yang dihasilkan dalam budidaya ini. Yang pertama, mampu memberdayakan masyarakat, menyehatkan kembali ekonomi ditengah pandemi. Serta membantu peran pemerintah dalam mensosialisasikan gemar makan ikan untuk tumbuh kembang dan kecerdasan bagi anak maupun orang dewasa.

”Harapan saya ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan dasawisma atau kelompok lainnya, agar dapat memacu potensinya dalam mengembangkan masing-masing daerahnya, apalagi dimasa pandemi ini harus melakukan inovasi dan kreasi agar dapat memulihkan ekonomi keluarga,” katanya.

Dijelaskannya, jika ada kelompok atau Dasawisma yang tersebar disegala kecamatan tidak hanya fokus pada peternakan ikan maupun menanam tanaman, tetapi banyak sekali aspek yang harus ditonjolkan agar pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan intensif.

”Contohnya seperti disini, bisa dikatakan Kelurahan Kampung Baru ini cukup kompleks dan padat penduduk, dengan inovasi yang dimiliki oleh masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong untuk ternak lele yang menggunakan terpal, tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan sudah didesain yang menarik, tentu jika ini dikembangkan maka akan menjadi nilai tambah ekonomi,” jelasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.