Bupati Karimun Raih Anugerah dari Kementerian PP/PA

Penulis: Rachta Yahya/ Editor: Redaksi

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional.

Kali ini Pemkab Karimun diwakili oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq-Anwar Hasyim (ARAH) memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021 Kriteria Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Anugerah tersebut secara resmi dipamerkan pasangan ARAH di rumah dinas Bupati Karimun, Senin (27/9/2021).

Untuk diketahui, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada Pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Anugerah ini mulai digelar Kementerian Negara Pemberdayaan Perempauan dan Perlindungan Anak RI sejak tahun 2004.

Sebelum Kabupaten Karimun meraih penghargaan tersebut, tim khusus dari Kementerian PP dan PA bersama tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi, Kabupaten serta Kota di seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil evaluasi, Kabupaten Karimun memenuhi indikator yang telah ditetapkan Kementerian PP/PA dan diganjar dengan penghargaan APE tahun 2021 Kriteria Utama.

Sebelumnya pada tahun 2019, Parahita Ekapraya Kabupaten Karimun masih kategori “Madya” dan sekarang naik menjadi kategori “Utama”.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengungkapkan, penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen Pemerintah Kabupaten Karimun dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak karena kita memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender,” ungkapnya.

Rafiq juga menyebut raihan itu tidak serta merta diberikan begitu saja maupun melalui pendekatan tetapi melalui proses yang panjang.

“Ada 7 komponen yang harus dipenuhi dan ini harus ada kerja keras dan kerjasama yang baik dari seluruh yang terkait, salah satunya melahirkan Perda Pengarusutamaan Gender (PUG),” bebernya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.