Dukung PEN, Wali Kota Tanjungpinang Teken MOU SIKP dengan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Pemprov Kepri

Editor : Sudianto Pane

Pemerintah Kota Tanjungpinang melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia terkait penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), di kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (27/9/2021).
Pemerintah Kota Tanjungpinang melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia terkait penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), di kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (27/9/2021).
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Sejalan dengan komitmen dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pemerintah Kota Tanjungpinang melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia terkait penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), di kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (27/9/2021).

Penandatanganan tersebut dilakukan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma dengan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepri, Teguh Dwi Nugroho.

Disaksikan, Wakil Wali Kota, Endang Abdullah dan sejumpah kepala OPD di lingkup pemko Tanjungpinang.

Wali Kota Rahma mengatakan dengan adanya nota kesepahaman ini, SIKP dapat terlaksana dan diimplementasikan dengan lancar guna mendukung program kredit usaha rakyat (KUR).

.Baca : Disdagin Tanjungpinang Jembatani Pelaku IKM Promosikan Produk di Swalayan

.Baca : Wali Kota Tanjungpinang Apresiasi Gerakan Berbagi ACT

Selain itu, SIKP dapat dimanfaatkan secara optimal, utamanya dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi pembiayaan dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Harapannya, sinkronisasi dan koordinasi yang sinergi dalam penggunaan layanan SIKP yang cepat, akurat, dan terintegrasi untuk penatausahaan dan pengelolaan KUR dapat meningkatkan pemberdayaan pelaku UMKM secara optimal,” ucap Rahma.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepri, Teguh Dwi Nugroho menyebut, dari data SIKP sampai 24 September 2021, penyaluran KUR untuk lingkup kota Tanjungpinang sebesar Rp141, 9 miliar untuk 3.124 debitur.

Sedangkan, penyaluran pembiayaan ultra mikro (UMi) oleh pemko untuk lingkup kota Tanjungpinang sebesar Rp1,1 miliar untuk 338 debitur.

“Melalui penandatanganan ini diharapkan menjadi semangat yang mendorong pemko dalam mendukung penyaluran kredit program kepada UMKM,” ucapnya.

Teguh mengatakan, berdasarkan hasil monev yang dilaksanakan, pemko belum memiliki tim monev KUR dan pengelolaan SIKP. Meski demikian, pemko telah melakukan penginputan sampai dengan 24 September 2021 sebanyak 1.105 calon debitur.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.