Tarif Bus Trans Batam Naik, Dishub Sarankan Pembayaran Non Tunai agar Lebih Hemat

Editor : Sudianto Pane

Bus trans Batam
Bus trans Batam
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Penumpang bus trans Batam yang menggunakan pembayaran non tunai mendapat keringanan sebagai upaya mendorong penggunaan uang non tunai dalam transaksi pembayaran bus trans Batam.

Hal ini disampaikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam

”Non tunai tarifnya lebih murah jika dibandingkan membayar tunai,” ujar Kepala UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dinas Perhubungan Kota Batam, Bambang Sucipto, Selasa (28/9/2021).

Ia menyebutkan, tarif bus trans Batam pembayaran tunai untuk umum Rp 6.000, sedangkan non tunai Rp 5.000. Kenaikan tarif mencapai 50 persen ini merupakan kebijakan yang diambil. Penyesuaian tarif sudah mengalami beberapa kali penundaan, namun karena melihat kondisi saat ini, kenaikan ini tetap mempertimbangkan keadaan yang masih pandemi.

.Baca : Tim Robotik Polibatam Berhasil Juara dalam Kontes Robot Nasional Kemendikbud Ristek

.Baca : Presiden Nyebur ke Laut saat Air Pasang dan Hujan Untuk Tanam Mangrove di Batam

”Tarif lama itu sebelumnya juga sudah disubsidi pemerintah. Tarif lama itu sebenarnya Rp 8.000, namun disubsidi pemerintah sehingga tarifnya menjadi lebih murah Rp 4.000,” ujarnya.

Pembayaran non tunai bisa menggunakan barcode, link-aja, ovo, gopay, shopee, Qris, Brizzi dan lainnya.

Ia berharap, masyarakat bisa memilih pembayaran non tunai.

Penyesuaian tarif Bus Trans Batam sudah diterapkan mulai 27 September 2021 untuk semua rute. Saat ini ada 8 koridor dengan total bus 60 layak jalan.

Penerapan tarif baru ini mulai berlaku, Senin (27/9). Sebelumnya, Dishub juga sudah melakukan sosialisasi sejak Juli lalu.

”Kami berharap penyesuaian ini bisa diterima. Karena menurut kami tarif ini masih cukup terjangkau bagi penumpang. Karena kenaikan juga mempertimbangkan keadaan perekonomian masyarakat saat ini,” bebernya.

Ia menambahkan, dengan kenaikan tarif, juga akan dibarengi dengan peningkatan kualitas kendaraan. Menurutnya, kondisi bus akan segera dilakukan peremajaan dalam waktu dua tahun ke depan. Saat ini, fasilitas di bus trans cukup baik. Setiap bus dilengkapi fasilitas pendingin atau AC, guna memberikan kenyamanan bagi penumpang. (*)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.