Wan Siswandi Akui Tracing COVID-19 di Natuna Belum Maksimal

Editor : Sudianto Pane

Bupati Natuna, Wan Siswandi
Bupati Natuna, Wan Siswandi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

NATUNA, SURYAKEPRI.COM – Bupati Natuna, Wan Siswandi mengakui bahwa pelacakan atau tracing kontak erat kasus COVID-19 di Natuna belum maksimal terlaksana.

Menurut Wan Siswandi ini terjadi karena warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19 tidak jujur dalam memberikan keterangan.

Ia mengatakan, saat ini proses tracing kontak erat pasien COVID-19 di Natuna masih belum maksimal, sebab pihaknya belum bisa mengikuti standar tracing yang telah dibuat oleh pemerintah pusat.

“Kita belum bisa mencapai target, ” ucap Bupati Natuna pada saat Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Natuna, di Gedung DPRD, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (30/09).

.Baca : REKOR LAGI, Covid-19 Masih Merajalela di Singapura, Tambah 2.268 Kasus Baru, 8 Meninggal; Batam Catat Tiga Kasus Baru 

.Baca : Natuna Jadi Kawasan UNESCO Global Geopark, Bupati Harap Jadi Penguatan Strategis

Menurut Intruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) pada diktum ketujuh poin J, daerah yang menerapkan PPKM diminta untuk memperkuat 3T (testing, tracing, treatment). Menurut ketentuannya setiap satu warga yang dinyatakan positif, harus dilakukan tracing paling tidak kepada 15 orang yang melakukan kontak erat dengannya.

Ia mengatakan, umumnya kendala yang dihadapi oleh petugas tracing adalah masyarakat yang kontak erat dengan pasien positif tidak mau diperiksa. “Mereka (kontak erat) tidak mau jujur,” ungkapnya.

Ia menduga, masyarakat takut hasil pemeriksaannya positif dan mereka harus melakukan isolasi selama 14 hari.

Kendati demikian, ia menegaskan nantinya pemerintah akan mencari solusi terkait masalah ini. “Kedepannya kita akan lebih maksimal lagi, ” tegasnya.

Bupati Natuna mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan seluruh aspek yang telah ikut andil dalam menekan penyebaran virus COVID-19 di Natuna.

“Kita apresiasi atas kerja keras teman-teman semua, ” tutupnya. (*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.