PPATK Bongkar Modus Transaksi Keuangan Sindikat Narkoba Rp120 T

Editor : Sudianto Pane

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dian Ediana Rae mengatakan beberapa modus transaksi keuangan yang dilakukan para sindikat narkoba, di mana yang terbaru angkanya mencapai total sekitar Rp120 triliun.

Salah satu modus yang kerap dilakukan adalah dengan membeli rekening orang lain. Pemilik rekening juga umumnya merupakan individu yang tak terkait langsung dengan kegiatan tersebut.

“Mereka hanya memberikan uang atau membeli rekening tertentu kemudian mereka pakai untuk transaksi narkoba. Itu sebenarnya bukan rekening mereka,” kata Dian di YouTube PPATK dikutip, Kamis (7/10).

.Baca : Bareskrim Polri akan Tindak Lanjuti Info Rekening Jumbo Sindikat Narkoba Rp 120 Triliun!

.Baca : Komisi III DPR RI Akan Panggil BNN soal Rekening Rp120 T Sindikat Narkoba

Dia menjelaskan, sejumlah modus transaksi tersebut biasanya dilakukan untuk mengelabui aparat. Kemudian, ada pula model pemindahan uang atau hawala namun tak menunjukkan aktivitas transfer yang kentara, sebab mereka hanya memindahkan buku catatan keuangan.

Dian menambahkan, para sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos (innocent) untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri, maupun sebaliknya. Para sindikat narkoba dalam kasus ini biasanya memanfaatkan para tenaga kerja Indonesia (TKI).

“Misalnya ada terkait dengan TKI kita, kemudian itu dipakai untuk melakukan transfer dana. Dan lain sebagainya,” katanya.

Dari sejumlah model transaksi itu, lanjut Dian, biasanya yang kerap digunakan adalah model trade based money laundering. Itu adalah upaya tindakan penyamaran harta kekayaan hasil kejahatan menjadi harta yang sah dengan mempergunakan sarana transaksi perdagangan internasional.

“Ini canggih. Dan ditambah dengan kegiatan yang biasa mereka pakai money changer misalnya. Jadi memang kegiatan pentransferan dana mereka sangat bervariasi,” kata Dian.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.