Dua Gempa Kuat Guncang Hawaii, Barang-barang Berjatuhan, Maumere Flores Juga Terguncang

Pusat gempa bumi kuat di Hawaii, Amerika Serikat, Minggu (10/10/2021) waktu setempat atau Senin siang waktu Indonesia. (Screenshot USGS)
Pusat gempa bumi kuat di Hawaii, Amerika Serikat, Minggu (10/10/2021) waktu setempat atau Senin siang waktu Indonesia. (Screenshot USGS)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

HAWAII, SURYAKEPRI.COM – Dua gempa bumi kuat mengguncang Big Island Hawaii, Amerika Serikat, Minggu (10/10/2021) waktu setempat. Tidak berpotensi tsunami, namun ribuan warga melaporkan bahwa guncangan itu membuat barang-barang berjatuhan dari rak.

Gempa pertama berkekuatan M6,1, mengguncang pulau itu sekitar tengah hari, berpusat sekitar 17 mil selatan Big Island, kata US Geological Survey.

Gempa kedua, yang berkekuatan M6,2, terjadi sekitar 20 menit kemudian di daerah yang sama. USGS mengategorikan gempa 6,3 magnitude sebagai “kuat.”

Hampir 2.000 warga melaporkan ke USGS bahwa mereka merasakan gempa. Layanan Cuaca Nasional Honolulu mengatakan tidak ada ancaman tsunami.

BACA JUGA

Dalam satu abad terakhir, telah terjadi 15 gempa bumi lain dengan kekuatan enam atau lebih dalam jarak 62 mil dari pusat gempa 10 Oktober 2021.

Tidak ada cedera yang dilaporkan, tetapi gempanya cukup kuat untuk menyebabkan barang-barang berjatuhan dari rak.

Gempa bumi terjadi setelah gunung berapi Kilauea Hawaii, salah satu yang paling aktif di Bumi, meletus lagi bulan lalu, membentuk semburan lava dan mengepulkan asap mengepul dari kawah di puncaknya.

Letusan di kawah Halemaumau tampaknya terkandung di dalam Taman Nasional Gunung Api Hawaii dan tidak menimbulkan ancaman bagi rumah-rumah di daerah itu, kata petugas USGS.

Ken Hon, seorang ilmuwan yang bertanggung jawab di Observatorium Gunung Berapi Hawaii, mengatakan kepada Star Advertiser bahwa gempa tersebut tidak disebabkan oleh letusan gunung berapi Kilauea.

Pantauan Suryakepri.com di situs USGS, menunjukkan baru saja terjadi gempa susulan M2,9 di Naalehu, Hawaii, pada kedalaman 16,5 km, bersusulan dengan dua gempa lainnya yang berkekuatan M2,7 di Naalehu da M2,6 di Pahala Hawaii.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.